Dandim 0428/Mukomuko Buka Kegiatan Persami Saka Wira Kartika

0
62

Bengkulu, (Duta Lampung Online) – Komandan Kodim 0428/Mukomuko letkol Czi Rinaldo Rusdy SIP, membuka kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Pramuka Saka Wira Kartika (SWK), guna membentuk dan membina kepribadian generasi muda agar menjadi pemimpin masa depan yang disiplin, smart, inovatif, penuh semangat dan pantang menyerah, di Kodim 0428/Mukomuko, pada Sabtu (18/6/2022).

Sesuai jadwal yang telah ditentukan, bahwa kegiatan perkemahan yang diikuti oleh ±78 peserta diantaranya siswa siswi dari SMA Negeri I Mukomuko, SMA Negeri III Mukomuko dan SMK Negeri III Mukomuko, akan dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 18 sampai dengan 19 Juni 2022 dengan menerapkan protokol kesehatan karena masih dalam status pandemi Covid-19.

Dalam amanatnya Letkol Czi Rinaldo Rusdy SIP, mengatakan yang perlu di ketahui bahwa kegiatan perkemahan Saka Wira Kartika Sang Pati, bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai pemimpin-pemimpin bangsa di masa depan, agar mempunyai kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan pekerja keras demi mendorong kemajuan serta keberhasilan pencapaian cita-cita bangsa.

“Harapan saya kepada seluruh peserta, agar kegiatan betul-betul dilaksanakan dengan baik guna memantapkan tekad kaum muda sebagai patriot pembangunan. Agar generasi muda menjadi manusia-manusia yang bertawa pada tuhan yang maha esa memberikan kepribadian yang tangguh terampil dan berpengetahuan, sehat dan kuat jasmani serta memiliki kesetiakawanan yang tinggi,” ujarnya.

“Melalui kegiatan perkemahan ini marilah kita gelorakan kembali semangat perjuangan para pendahulu kita perjuangan di masa sekarang bukan lagi perjuangan fisik seperti di masa lalu, tetapi perjuangan untuk membangun bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia. Kita harus sadar bahwa kemerdekaan yang kita peroleh ini, diperjuangkan dengan tetesan darah dan air mata. Sebagai generasi penerus segenap anggota pramuka bersama-sama seluruh komponen bangsa di tanah air, berkewajiban untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan yang konstruktif dan bermanfaat,” tambahnya.

Kegiatan perkemahan Saka Wira Kartika Sang Pati Tahun 2022, yang bertujuan sebagai sarana pembinaan yang menitikberatkan pada kegiatan persaudaraan, kerukunan dan perdamaian serta menumbuhkan rasa kebangsaan berjiwa Pancasila dan ber Bhindika Tunggal Ika.

Letkol Czi Rinaldo Rusdy, Dandim 0428/Mukomuko menyampaikan beberapa pesan diantaranya:
1. Tingkatkan intensitas dan kualitas gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter bangsa bagi generasi muda.
2. Gerakan Pramuka hendaknya menjadi pelopor dalam membudayakan diri, senang bekerja keras serta cerdas dan ikhlas.
3. Ajak kaum muda untuk meningkatkan semangat bela negara.
4. Mantapkan tekad kaum muda sebagai patriot pembangunan.
5. Utamakan kepentingan bangsa dan negara di atas segala-galanya.
6. Kokohkan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.
7. Amalkan setia dan darma Pramuka. Inti dari satya dan dharma dari gerakan Pramuka adalah semangat, tekad, kode etik termasuk pesan-pesan moral dan spiritual.

Saka Wira Kartika merupakan tunas penerus bangsa. Pramuka harus, harus kuat dan bermental baja, dengan Persami tahun 2022 ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa patriotisme dari adik adik Pramuka Saka Wira Kartika. Sekian

Acara Persami dihadiri oleh Pasi Teritorial Kodim 0428/MM Kapten Inf Afrian Supriyanto, Komandan Ramil 428-01/MM Kapten Inf Yulga Mahendri, Pasi Pers Kodim 0428/MM Letda Inf Zarwani, Pasi Intel Kodim 0428/MM Letda Inf Rahmad Dori, Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Mukomuko Bapak Rudiansyah, Andalan Kwarcab Pramuka 0707 Kabupaten Mukomuko, Anggota Kodim 0428/MM dan Seluruh Anggota Persami Saka Wira Kartika Kodim 0428/Mukomuko. (Riki)