Dalam Ajang Lomba Pameran Kreativitas Inovasi SMK Se SUMSEL, SMK Negeri 1 Pemulutan Meraih Jurara II Di Kategori Inovasi Makanan & Minuman

0
40

Muaraenim,Sumsel (duta lampung online) — Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Bidang SMK mengadakan agenda tahunan lomba dan Pameran Kreativitas dan Inovasi SMK se Sumsel yang dilaksanakan di mulai dari tanggal 29 November hingga 01 Desember 2022. Kegiatan yang menjadi agenda tahunan Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Bidang SMK menjadi ruang bagi siswa dan guru SMK berbagi kreativitas dan inovasi untuk mengembangkan produk mereka.

Lomba Pameran Kreativitas dan Inovasi SMK se Sumsel tahun ini dilaksanakan di Gedung Kesenian Muara Enim.Salah satunya sekolah SMK Negeri 1 Pemulutan,turut berpatisipasi mengikuti kegiatan lomba tersebut dengan mengikuti kategori Kuliner (Tata Boga) yaitu Lomba Inovasi Makanan dan Minuman. Untuk Lomba kali ini diwakilkan oleh Dwi Nurhayani Siswi kelas XI Program Keahlian Tata Boga.

Dengan jiwa korsa bersaing dengan Seluruh SMK Se Sumatera Selatan SMK Negeri 1 Pemulutan berhasil mendapatkan Juara II dengan membawa materi inovasi makanan berupa Burger Ikan Patin.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Pemulutan Rahmi Sofiah S.Pd, M.Pd. menjelaskan “bahwa Burger Ikan Patin merupakan hasil inovasi ikan yang sangat populer di daerah Ogan Ilir yang biasa dipakai untuk Pindang, namun saat ini diangkat menjadi makanan dengan teknik Fusion,”tuturnya.

Lanjut Sofia,sebutan olahan bahan makanan dengan kombinasi berbagai bahan, penampilan, bentuk dan teknik pengolahan yang berbeda atau sebuah inovasi di bidang makanan yang menggabungkan beberapa tradisi kuliner yang berbeda dari beberapa daerah.

Selain itu Inovasi ini dbuat dengan tujuan utama bahwa Inovasi tersebut dapat dikembangkan dan menjadi ide bagi para siswa SMK Negeri 1 Pemulutan.Khususnya masyarakat pada umumnya yang nantinya bisa menjadi suatu Wirausaha agar bisa menjadi suatu bidang bisnis kuliner yang menguntungkan.

Selain itu, Sofia mengatakan “akan selalu berupaya secara optimal mengembangkan ide-ide sehingga menghasilkan inovasi yang bisa bermanfaat bagi masyarakat dan Selalu berusaha untuk mengembangkan ide-ide yang cemerlang guna menciptakan inovasi baik kuliner maupun non kuliner untuk menciptakan ide terbaik dan berguna untuk bangsa ini.

Dalam ajang lomba Pameran KREATIVITAS dan Inovasi SMK Se SUMSEL,”Semoga keberhasilan ini dapat memacu siswa dan guru di SMK Negeri 1 Pemulutan terus aktif beraktivitas dan berinovasi,” harap Rahmi tutupnya.(obie)