Daging Ilegal Asal India yang Disita di Medan Diduga Berpenyakit

0
27
Wakabareskrim Brigjen Antam Novambar (Arie DS/Okezone)

JAKARTA – Duta Lampung Online (DLO)Delapan ton daging ilegal asal India yang disita di Asrama TNI di Medan, Sumatera Utara dua hari lalu diduga terkontaminasi penyakit berbahaya. Pasalnya, negara asal daging itu belum bebas penyakit mulut dan kuku (PMK).

‎”Ada sedikitnya 8 ton daging sapi dari India, kalau India berbahaya PMK, India itu belum bersih dari PMK‎, Indonesia untuk menyapu PMK butuh 20 tahun,” ujar Wakil Kabareskrim Mabes Polri, Brigjen Antam Novambar di Kementerian Pertanian, Kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (15/6/2016).

Menurutnya, kasus temuan daging tersebut kini masih dalam pengembangan. Sedangkan pelakunya sudah ditahan untuk proses penyidikan.

‎”Pengembangan, agar dituntaskan supaya tuntas, pelakunya sudah ketangkap, tapi belum dapat laporan lengkap. Iya memang betul di Medan, (dagingnya) dari India,” seperti dilansir okezonenews.com, ujarnya.

(Baca juga: 8 Ton Daging Ilegal Asal India Disita dari Asrama TNI)

Antam menjelaskan bahwa penyakit PMK bisa saja dibawa masuk oleh hewan dari India. “Kalau daging dari wilayah India belum bersih PMK, nanti masuk dagingnya, siapa tahu itu dagingnya sumber penyakit. Jadi untuk itu kita harus betul-betul, karena penyebarannya besar sekali,” tukasnya, (sal), (*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here