Pemkab Waykanan Gelar HGTPS Cegah Diare

0
128

WAY KANAN (DUTA LAMPUNG ONLINE)-– Pemerintah Daerah Kabupaten Waykanan menggelar acara Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) se-Dunia ke-9 yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna, Selasa (25/10).

Hadir dalam acara Wakil Bupati,Anggota FORKOPIMDA Kab. Way Kanan, Sekda, Ahli Bupati, Para Asisten dan Kepala SKPD, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Darma Wanita Persatuan.

Bupati Way Kanan Hi. Raden Adipati Surya dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Pengumuman penunjukkan Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia pada 15 Oktober dilakukan pada Pertemuan Tahunan Air Sedunia (Annual World Water Week) yang berlangsung pada 17-23 Agustus, 2008 di Stockholm seiring dengan penunjukkan tahun 2008 sebagai Tahun Internasional Sanitasi oleh Rapat Umum PBB. Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia diharapkan akan memperbaiki praktik-praktik kesehatan pada umumnya dan perilaku sehat pada khususnya.

Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun sedunia adalah upaya memobilisasi jutaan orang diseluruh dunia untuk mencuci tangan mereka dengan sabun. Inisiatif ini dikumandangkan oleh PPWH, Kemitraan Swasta dan Publik untuk Cuci Tangan (Public Private Partnership for Handwshing) dan didukung oleh PBB.

Salah satu tujuan dari kampanye ini adalah penurunan angka kematian untuk anak-anak dimana lebih dari 5.000 anak balita penderita diare meninggal setiap harinya diseluruh dunia sebagai akibat dari kurangnya akses pada air bersih dan fasilitas sanitasi dan pendidikan kesehatan. Penderitaan dan biaya-biaya yang harus ditanggung karena sakit dapat dikurangin dengan melakukan perubahan perilaku sederhana seperti mencuci tangan dengan sabun, yang menurut penelitian dapat mengurangi angka kematian yang terkait dengan penyakit diare hingga hampir 50 persen.

Sementara Ketua TP PKK Hj. Dessy Afriyanti Adipati mengatakan pentingnya melibatkan anak-anak pada kelompok usia sekolah yang merupakan generasi harapan bangsa. Cuci tangan pakai sabun merupakan perilaku sehat yang telah terbukti secara ilmiah dapat mencegah penyebaran penyakit-penyakit menular seperti cacingan, Diare, ISPA, Flu Burung serta penyakit lainnya. (maria)