Corona Bukan Hantu Juga Bukan Akhir Dari Segalanya

0
78

PENNYAKIT akibat virus Corona proses dan perjalanannya sama dengan penyakit karena virus lainnya. Bersifat self limited desease atau sembuh dengan sendirinya atas mekanisme pertahanan tubuh manusia. Demikian pula tidak akan terkena infeksi virus Corona kalau tubuh dalam kondisi sehat, segar dan bugar atau daya tahan tubuh kokoh dan kuat.

Cukup gizi, makan dijaga, asupan air memadai, aktifitas fisik seimbang, istirahat cukup dan tidur pulas adalah hal yang terpenting untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

Adalah hal yang baik dan benar mengkonsumsi empon-empon (kunyit, temulawak dan lainya) untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Demikian pula menkonsumi turunannya semisal suplemen daya tahan tubuh jika ada dana cadangan untuk membelinya. Baik empon-empon maupun suplemenya saat ini harganya melejit ke langit dampak virus Corona. Namun tidak perlu pakai dana kebutuhan pokok keluarga semisal untuk beras dan biaya sekolah anak anak.

Demikian pula terkait seputaran masker. Memakainya adalah perilaku baik dan sehat. Namun bukan hal yang bisa mencegah terinfeksi virus Corona. Mengapa? Karena diameter lubang terkecil dimasker itu ukurannya jauh lebih besar dibanding diameter virus Corona. Oleh karena membeli masker demi kesehatan itu baik namun tidak perlu dipaksanakan korbankan kebutuhan pokok sehati-hari. Apalagj saat ini semisal disalah satu pasar grosir obat di Jakarta harga masker paling murah Rp 400 ribu per box yang biasanya hanya Rp 40 ribu.

Tentunya langkah menghindar dari area banyak kasus virus Corona juga penting dan mendasar. “Corona bukan hantu juga bukan akhir dari segalanya”. Tetap dan terus bekerja dan berjualan. Tetap dan terus berwisata dan sekolah. Semuanya segera berakhir atas hukum alam semesta.

Rakyat harus tetap beraktifitas. Tetap bekerja. Tetap berjualan. Generasi penerus bangsa harus tetap sekolah, berkreasi dan berkarya. Virus Corona tidak boleh ambrukkan perekonomian rakyat dan bangsa kita.(*).

Penulis : M.Nurullah RS

  • Direktur : PT. Duta Lampung dan PT. Pena Berlian Lampung.
  • Pimpinan Umum/Redaksi, Duta Lampung Cetal, Duta Lampung Online dan Pena Berlian Online.
  • Ketua DPC KWRI Lampung Tengah.
  • Ketua DPC Komunitas Maritim Indonesia ( Kommari) Lampungtengah.

Editor : Della