Ciptakan Lapangan Pekerjaan, Ketum PWDPI MoU Dengan PT.Shelter dan PT. AGS

0
377

Jarkarta ( Duta Lampung Online)- Dalam rangka ikut serta ciptakan lapangan pekerjaan serta dorong perekonomian masyarakat, Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat ( DPP) Persatuan Wartawan Duta Pena Indonesia (PWDPI), Muhammad Nurullah Roni Salim, adakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT. Shelter Dan PT. Alpha Gracio Solusindo ( PT. AGS).

Ketum PWDPI, Nurullah menjelaskan hubungan kerja kemitraan dengan PT. Shelter PT. Shelter Dan PT. Alpha Gracio Solusindo dalam hal ini yang dihadiri langsung oleh, Branch Manager PT. Shelter, Safrudin, serta Direktur Utama PT. Alpha Gracio Solusindo, Indah Nurhayati untuk mengembangkan Bidang usaha organisasi yang dipimpinnya melalui Deputi Bidang Satuan Bela Wartawan ( Satbel Pers), Srikandi, Event Organizer (EO) dan PWDPI Award, Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Koperasi, serta Srikandi.

“Memorandum of Understanding (MoU)  yang kita bahas hari ini dengan PT. Shelter dan PT. Alpha Gracio Solusindo menindak lanjuti pertemuan yang telah kita laksanakan dengan pihak PT Shelter serta PT. Alpha Gracio Solusindo beberapa waktu lalu, mengenai bidang usaha untuk program kerja deputi-deputi kita yakni, usaha outsourcing serta lainnya,”tegasnya, pada Jum’at (11/11/2022).

Selain itu, Ketum PWDPI menegaskan, MoU juga dalam rangka mewujudkan Visi-Misi PWDPI ikut serta Membangun Jaringan Ekonomi Dan Koprasi Yang Handal, Kuat Dan Professional Sesuai Dengan Pasal 3 Ayat 2 Uu Pers Ri No. 40 Th 1999 Guna Mewujudkan Kesejahteraan Baik Anggota Maupun Untuk Masyarakat Indonesia.

“Berdasarkan informasi yang saya terima pada UU Nomor 13 Tahun 2003 atau UU Ketenagakerjaan, outsourcing adalah penyerahan sebagian pekerjaan kepada perusahaan lain atau sub-kon. Penyerahan pekerjaan tersebut dilakukan dengan dua mekanisme, yaitu melalui perjanjian pemborongan pekerjaan dan penyedia jasa pekerja atau buruh. PWDPI memiliki peluang besar  untuk ikut serta menggeluti dunia usaha ini untuk membantu masyarakat serta mensejahterakan anggota kita,”ungkapnya.

Jadi, Lanjut Ketum PWDPI, jasa outsourcing adalah penggunaan tenaga kerja dari pihak ketiga yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan tertentudi dalam perusahaan baik pemerintah maupun swasta.

“Pada UU No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, khususnya di Pasal 64,tenaga kerja outsourcing ini boleh digunakan untuk melaksanakan sebagian pekerjaan di sebuah perusahaan.Hal tersebut dilakukan dengan perjanjian tertulis antar perusahaan pengguna dan penyedia tenaga outsourcing.Aritinya kita bisa andil untuk meberdayakan anggota kita yang tergabung di Organisasi Pers PWDPI.Sehingga dengan begitu kita ikut serta membantu pemerintah mennyediakan lapangan pekerjaan dan mengentaskan kemiskinan,”katanya.

Dikesempatan yang sama Branch Manager PT. Shelter, Safrudin, mengatakan siap melakukan kerjasama kemitraan dengan DPP PWDPI dalam rangka menciptakan lapangan pekerjaan maupun peningkatan sumber daya manusia (SDM) anggota PWDPI serta masyarakat yang siap diberdayakan menjadi karyawannya  melalui jasa  outsourcing.

Bersama PWDPI, Safrudin juga siap mengadakan pelatihan-pelatihan untuk tenaga  outsourcing seprti, security yang belum mendapat sertipikat dari Polri serta pelatihan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat agar memiliki ketrampilan sehingga menjadi tenaga kerja yang siap pakai serta profesional.

“Setelah mendapat pelatihan kami juga siap memberdayakan diperusahaan kami untuk disalurkan sebagai tenaga kerja diperusahaan swasta maupun pemerintah,”tuturnya.

Safrudin, juga mengungkapkan  PT. Shelter saat ini sudah mennyerap tenaga kerja sebannyak 11.000 karyawan lebih yang tersebar diseluruh Indonesia dan termasuk Provinsi Lampung.

“Artinya jika satu tenaga kerja memiliki keluarga 4 orang jika dikalikan 11 ribu tenaga kerjanya maka saya sudah mennyelamatkan kelangsungan hidup 44 ribu orang,”katanya.

Oleh karena itu, masih kata Safrudin, dirinya sangat mennyambut baik harapan dari keluarga besar PWDPI yang neniliki Visi dan Misi yang sama yaitu ikut serta menciptakan lapangan pekerjaan serta perekonomian masyarakat Indonesia.

“Saya sangat berterimakasih atas kesediaan dari keluarga besar PWDPI yang siap melakukan MoU kerjasama kemitran dengan pihak kami,”pungkasnya.

Halsenada juga diungkapkan oleh Direktur Utama PT. Alpha Gracio Solusindo, Indah Nurhayati. Dia mengaku sangat senang melakukan kerjasama dengan organisasi Pers PWDPI. Bahkan masih kata dia, pihaknya juga telah mengangkat Ketua Umum DPP PWDPI, M. Nurullah RS sebagai Direktur Oprasional PT.Alpha Gracio Solusindo.

“Semoga kerjasama perusahaan kami PT. Alpha Gracio Solusindo dan PWDPI dapat saling menguatkan serta bermanfaat bagi orang bannyak guna mendorong perkonomian masyarakat,”ujar Indah Nurhayati yang juga sebagai Sekretaris Jendral DPP PWDPI.(Harjono).