Chusnunia Chalim Berikan Dukungan dan Bantuan Untuk Rumah Baca Akar Pelangi.

0
95
Foto Ist

Lampung Timur(DLO)- Bupati Lampung Timur, Provinsi Lampung, Chusnunia Chalim membantu biaya pemasangan instalasi listrik pada Rumah Baca Akar Pelangi di Desa Labuhan Ratu 9 Kecamatan Labuhan Ratu. Bantuan uang tunai itu diberikan langsung oleh Bupati Chusnunia kepada Rudi Hartono, pendiri Rumah Baca Akar Pelangi.

Menurut Chusnunia, di Lampung Timur, Senin, bantuan diberikan karena sebelumnya diberitakan bahwa listrik yang digunakan Rumah Baca Akar Pelangi masih menyambung listrik tetangga dan perlu dukungan pemerintah daerah setempat. “Ini ada dana buat nyambung listrik, semoga bantuan ini bermanfaat,” kata Bupati Lampung Timur itu, kepada Rudi Hartono, saat menghadiri Safari Ramadan Literasi Armada Pustaka Lampung yang digelar di Masjid Nurul Huda Desa Labuhan Ratu 9, Kecamatan Labuhan Ratu, Minggu (11/6).

Bupati Chusnunia mengapresiasi upaya Armada Pustaka Lampung dalam menumbuhkembangkan minat baca di daerahnya. Menurut Chusnunia menumbuhkan literasi atau minat baca buku di kalangan anak-anak dan masyarakat sangat penting, mengingat akses anak-anak mendapatkan buku sulit dan masih rendah minat baca masyarakat. Bupati pun meminta para orang tua tidak bosan-bosan mengingatkan anaknya untuk rajin membaca. “Kegiatan literasi ini penting supaya anak-anak kita mau membaca, para orang tua jangan bosan-bosan mengingatkan anak-anaknya untuk rajin membaca, itu penting karena ilmu adalah jendela dunia,” kata Chusnunia lagi.

Chusnunia menyatakan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur mendukung penuh kegiatan menumbuhkembangkan minat baca masyarakat di daerahnya, sehingga tengah mengkaji agar anggaran dana Gerbang Indah yang diperuntukkan bagi 264 desa di daerahnya bisa juga dimanfaatkan untuk membangun perpustakaan desa. “Sedang kami upayakan, ada dana Rp50 juta setiap desa dari dana Gerbang Indah ini sedang dikaji agar sedikitnya Rp5 juta dari Rp50 juta itu bisa buat litetasi untuk menumbuhkan minat baca masyarakat,” ujar Bupati itu lagi.

Menurutnya, membangun Lampung Timur tidak semata membangun fisiknya, tapi juga membangun pengetahuan masyarakat melalui membaca buku. “Membangun tidak hanya fisik saja, misalnya jalan atau jembatannya, tapi juga soal nonfisik seperti pengetahuannya,” kata dia lagi. Armada Pustaka Lampung menggelar Safari Ramadan Literasi di Masjid Nurul Huda, Desa Labuhan Ratu 9, Kecamatan Labuhan Ratu yang diikuti sejumlah Armada Pustaka Lampung di antaranya Cendol Pustaka, Obrok Pustaka, Rumah Baca Akar Pelangi dan Motor Pustaka serta Ikam Jabung Sai (IJS).

Rangkaian Safari Ramadan Literasi Armada Pustaka Lampung itu, diisi kegiatan khataman Alquran menyambut malam Nuzulul Quran oleh 170 siswa dari 4 taman pendidikan Alquran (TPA) dan membuka lapak baca buku di halaman depan Masjid Al Huda. Armada Pustaka Lampung juga membagikan 40 buah mushaf Alquran dan 40 buah mushaf Juz amma dari perusahaan pencetak buku PT Sinar Mas kepada 4 TPA di Kecamatan Labuhan Ratu, dan membagikan sejumlah perangkat salat seperti mukena dan sarung yang berasal dari House Library asuhan Nury Sibly, mantan wartawan Reuters.(tim)