Bupati Pesibar Agus Istiqlal Buka MTQ Ke-V Tingkat Kabupaten

PESIBAR (DUTA LAMPUNG ONLINE)  – Bupati Pesisir Barat Dr.Drs.H. Agus Istiqlal, S.H.,M.H. secara resmi membuka acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (Mtq) Ke-V Tingkat Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2018, Senin 26 November pukul 19.30 di lapangan Merdeka Labuhan Jukung, Pesibar.

“Di Setiap Event Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (Mtq) Seperti Saat Ini, Sepatutnyalah Kita Untuk Senantiasa Memantapkan Niat, Bahwa Penyelenggarakan Mtq Adalah Dalam Rangka Ibadah, Karena Yang Di Musabaqahkan Adalah Kalam Dan Firman Allah SwT”, ujarnya.

Penyelenggaraan Mtq Senantiasa Diarahkan Pada Upaya Menumbuhkan Kecintaan Dan Menggairahkan Masyarakat Untuk Senantiasa Mempelajari Dan Memahami Al Qur’an Sebagai Petunjuk Dan Pedoman Hidup Umat Islam.

Sungguh Sangat Keliru Apabila Pelaksanaan Mtq Hanya Dipahami Dari Sisi Kegiatan Syi’ar Keagamaan Tanpa Mampu Memaknai Lebih Komprehensif Akan Nilai-Nilai Manfaat Dan Kemaslahatan Yang Menyertainya. Pemahaman Dan Kesadaran Inilah, Yang Perlu Dibangun Dalam Nurani Dan Pikiran Setiap Masyarakat.

Mtq Tidak Hanya Disikapi Sebagai Kegiatan Rutinitas Seremonial Semata Tetapi Mampu Menjadi Momentum Strategis Mewarnai Pelaksanaan Pembangunan Dan Perilaku Kehidupan Masyarakat Dalam Kehidupan Sehari-Hari Dengan Nilai-Nilai Qur’ani.

Dalam Hal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Yang Telah Dilaksanakan Selama Ini. Apabila Suatu Daerah Mampu Menyelenggarakan Kegiatan Pembelajaran Al Qur’an Di Lingkungan Masing-Masing Berarti Daerah Tersebut Dapat Melakukan Pengkaderan Qari / Qariah, Hafidz / Hafidzah Yang Berprestasi Secara Mandiri Sehingga Dapat Mengirimkan Qari/Qariah Yang Baru Pada Setiap Penyelenggaraan Musabaqah. Namun, Jika Tiap Waktu Mtq Tiba, Suatu Daerah Selalu Kebingungan Untuk Mengirimkan Utusannya, Maka Menunjukkan Masih Perlu Ditingkatkan Pembinaan Dan Pembelajaran Tentang Al-Qur’an.

Oleh Karenanya, Sebagai Bahan Pemikiran, Ke Depan Mengharapkan Adanya Keseriusan Untuk Menangani Potensi Lptq Mulai Dari Tingkat Kecamatan Yang Dapat Bekerja Sama Semua Unsur Lembaga Keagamaan Yang Ada Di Kecamatan. Selanjutnya Saya Berpesan Agar Lptq Kabupaten Pesisir Barat Dapat Turut Membina Lptq Di Tingkat Kecamatan, Karena Seluruh Kecamatan Memiliki Potensi Yang Sama Tentang Kualitas Sumber Daya Manusia.
Untuk Itu Lptq Perlu Selalu Bersinergi Dalam Memberikan Perhatian Serius Kepada Potensi Yang Ada, Agar Di Tahun-Tahun Mendatang Sdm Peserta Mtq Menjadi Lebih Baik. Selain Itu, Dengan Peserta Yang Berasal Dari Kecamatan Akan Mewujudkan Islam Rahmatan Lil ‘Aalamin Dan Dapat Menjadikan Bumi Pesisir Barat Sebagai Negeri Para Sai Batin Dan Para Ulama, Yaitu Negeri Yang Baldatun Toyyibatun Wa Robbun Ghofuur.

Untuk Itu Marilah Kita Mencermati Kenyataan Sehari-Hari, Apakah Al Qur’an Telah Membumi Dalam Kehidupan Masyarakat? Apakah Kita Sebagai Muslim Telah Mengamalkan Al Qur’an Dalam Kehidupan Sehari-Hari? Apakah Sistem Nilai, Moral Dan Budaya Yang Berkembang Pada Saat Ini Telah Mencerminkan Jati Diri Sebagai Bangsa Dan Negara Berpenduduk Muslim Terbesar.

Pada Kesempatan Ini Saya Mengajak Kepada Segenap Komponen Masyarakat Di Kabupaten Pesisir Barat Agar Menjadikan Momen Mtq Ini Sebagai Awal Untuk Membiasakan Diri Mengisi Waktu Dengan Tilawah, Tadarrus Dan Muthola’ah Al-Qur’an. Semoga Allah Swt Senantiasa Memberikan Rahmat Dan Keberkahan Bagi Kehidupan Kita Semua. Terakhir Saya Berpesan, Kepada Para Kafilah Peserta Mtq Yang Datang Dari Seluruh Kecamatan Di Kabupaten Pesisir Barat, Saya Ucapkan Selamat Mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an. Semoga Keikutsertaan Saudara-Saudara Dalam Mtq Kali Ini, Dapat Membawa Manfaat Dan Maslahat, Dalam Upaya Kita Mengaktualisasikan Ajaran Islam Secara Kaffah, Benar Dan Damai.

Ucapan Terimakasih Dan Penghargaan Yang Setinggi-Tingginya Saya Sampaikan Kepada Semua Pihak, Atas Terlaksananya Mtq Ke-V Kabupaten Pesisir Barat Yang Akan Dilaksanakan Hingga Beberapa Hari Kedepan. Untuk Itu, Mari Kita Tingkatkan Upaya Dalam Melakukan Pemberantasan Buta Huruf Al-Qur’an Dengan Pemahaman Dan Pengamalan Nilai-Nilai Keagamaan Di Dalam Kehidupan Bermasyarakat.

Demikian Beberapa Hal Yang Dapat Saya Sampaikan. Dengan Mengucap “Bismillahirrohmanirrohim“ Musabaqah Tilawatil Qur’an (Mtq) Ke-V Tingkat Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2018 Secara Resmi Saya Nyatakan Dibuka, tutupnya. (rls)


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *