Bupati Mustafa Serahkan Bantuan Asuransi Kepada Nelayan

0
64
Foto: Istimewa

LAMPUNG TENGAH, (Duta Lampung) – Saat menghadiri acara ruwatan laut di Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, Rabu (20/12) kemarin, Bupati Lampung Tengah Mustafa juga menyerahkan bantuan asuransi untuk nelayan.

Menurutnya, pemberian bantuan ini agar jaminan kesehatan nelayan terjaga. Sebab, imbuhnya, nelayan dan pontensi perikanan menjadi sektor yang harus dikembangkan, dalam rangka menopang perekonomian masyarakat khususnya di wilayah pesisir.

Dengan potensi laut yang ada, kata Mustafa, seharusnya nelayan bisa sejahtera. “Tapi ketika menemukan fakta nelayan masih belum sejahtera, tentunya menjadi PR (Pekerjaaan Rumah) bersama yang harus diselesaikan,” ujarnya dilangsir dari lenteraswaralampung.com.

Diketahui, acara ruwatan laut di Labuhan Maringgai merupakan agenda tahunan, yang dilaksanakan untuk mendoakan keselamatan dan kelimpahan rezeki bagi para nelayan, diikuti para tokoh agama dan sesepuh kampung.

Sementara Pemimpin Ruwatan, Nuryanto, mengatakan bahwa tradisi ini merupakan pestanya para nelayan, sebagai bentuk syukur dan harapan untuk keselamatan, serta kelimpahan rezeki. “Total nelayan di Labuhan Maringgai 6.600 dengan 1.700 perahu. Acara ruwatan ini menggunakan dana swadaya, diikuti 3.500 nelayan,” tuturnya. (Sl/ist/*)