Bupati Lamteng Mustafa, Lepas Keberangkatan 393 Jemaah Haji

0
111
( foto istimewa)

Lampung Tengah(DLO)- Bupati Lampung Tengah Mustafa melepas keberangkatan 393 jemaah haji kelompok terbang (kloter) 6, Minggu (30/7) di rumah dinas wakil bupati. Kloter 6 merupakan rombongan pertama jemaah haji di Provinsi Lampung yang berangkat ke Tanah Suci Mekah. Bupati Mustafa menyebutkan pada 2017 jemaah haji asal Lampung Tengah berjumlah 1021 orang, terdiri dari 477 jemaah laki-laki dan 544 jemaah perempuan yang terbagi menjadi 3 kloter.

Pertama kloter 6 berjumlah 388 jemaah, yang di berangkatkan pada Minggu. Kemudian kloter 10 sebanyak 388 jemaah berangkat pada Senin (31/7), dan kloter 56 sebanyak 245 jemaah berangkat pada 22 Agustus mendatang bersama jemaah dari Kota Metro dan Bandarlampung. Ada empat orang yang batal ke Tanah Suci. Dua meninggal dunia dan dua mengundurkan diri karena sakit. Jadi yang berangkat sebanyak 1021 jamaah. “Jumlah jemaah haji ini lebih banyak dari tahun lalu karena adana penambahan kuota sekitar 200-an orang,” jelasnya.

Mustafa menambahkan sebagai bentuk perhatian, Pemkab Lampung Tengah menyalurkan bantuan sebesar Rp2 miliar atau Rp2,6 juta per jemaah untuk pelaksanaan haji tahun ini. “Mudah-mudahan para jemaah kembali ke tanah air dengan jumlah yang sama dan menjadi haji yang mabrur dan mabrurroh,” ujar Mustafa. Ia berpesan agar para jemaah bisa menjaga kesehatannya saat di tanah suci dan selalu mematuhi arahan dari para petugas. Mereka juga diminta agar senantiasa membawa kartu identitas agar lebih mudah dikenali dan saling menjaga satu sama lainnya.

Bupati ronda ini juga menghimbau agar para jamaah jangan terlena dengan kesenangan berbelanja atau hal-hal lainnya saat di tanah suci. Tapi lebih mengutamakan untuk beribadah. Sehingga rukun sunah maupun wajib ibadah haji bisa terlaksana dengan baik dan mereka kembali ke Indonesia dengan menyandang haji yang mabrur dan mabrurroh. Mustafa yang saat itu didampingi Wabup Loekman Djojosoemarto dan Ketua PKK Lamteng Nessy Kalvia ini meminta agar para jamaah juga mendoakan warga Negara Palestina yang saat ini tengah terjadi konflik dengan Israel.

“Doakan juga untuk seluruh warga Palestina yang saat ini sedang dilanda konflik dengan Negara Israel. Semoga mereka segera bisa terbebas dari konflik,  dan bisa melaksanakan aktifitas seperti biasanya,  bisa melakukan ibadah di Masjid Al-Aqsa dan bisa ikut melaksanakan ibadah haji bersama-sama,” harap Mustafa.

Tahun ini,  untuk jamaah calon haji termuda adalah Kaniful Mustafa 24 tahun warga Kampung Kotagajah, Kecamatan Kotagajah yang tergabung dalam kloter 6. Kemudian Jamaah tertua adalah Kasmini Karto Wiyono 87 tahun, warga Kampung Mojopahit, Kecamatan Punggur yang tergabung dalam Kloter 10.( Rls)