Bupati Lamsel Kena OTT KPK, Presiden Jokowi Ingatkan Kepala Daerah Jangan Main-Main dengan Uang

0
206
PRESIDEN BERSIMPATI ATAS GEMPA DI PIDIE JAYA

Bandar Lampung, (DUTA LAMPUNG ONLINE) – Bupati Lampung Selatan ZH bersama pejabat, AA dan TA, oknum anggota DPRD Lampung inisial ABN serta satu orang pengurus partai GR dan satu orang pengusaha inisial A, terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) tim Satgas KPK.

Presiden Jokowi yakin, OTT terhadap Bupati Lampung Selatan itu didasari bukti yang kuat. Sebab KPK dalam melakukan kegiatan penegakan hukum selalu bersikap profesional.Dilansir celebesnews.id, Jumat 27 Juli 2018. Presiden dalam kesempatan itu mengingatkan agar para Kepala Daerah Bupati, Wali Kota, maupun Gubernur, untuk tidak bermain-main dengan anggaran daerah.

“Saya selalu menekankan integritas. Saya titip seluruh Bupati, Wali Kota, Gubernur, dan seluruh ASN, jangan ada yang bermain-main dengan yang namanya anggaran atau uang,”ungkap Presiden Jokowi usai pelantikan IPDN angkatan 25 di kampus IPDN, Jatinangor, Sumedang, Jawa barat.

Jokowi yakin, OTT terhadap Bupati Lampung Selatan itu didasari bukti yang kuat. Sebab menurut Jokowi, KPK dalam melakukan kegiatan penegakan hukum selalu bersikap profesional. “Kita tahu KPK selalu bertindak profesional sesuai dengan kewenangannya. Itu harus kita hargai,”ungkapnya.

Sejumlah wartawan bertahan menunggu informasi pasti terkait OTT KPK di gerbang Mapolda Lampung./Red

Diketahui, KPK melakukan operasi senyap OTT di Kabupaten Lampung Selatan, sejak Kamis 26 Juli 2018. Dan menjaring Bupati ZH, AA, AT dan ABN, satu orang pengurus partai GR serta oknum pengusaha inisial A, terkait kegiatan proyek Infrastruktur Jalan dan Jembatan Kabupaten setempat.

Terkait kabar tersebut, sekitar pukul 02.45 WIB hingga pukul 04.00 WIB, Jumat 27 Juli 2018, sejumlah wartawan menunggu informasi di pintu gerbang Mapolda Lampung, hingga pagi 08.12 WIB sejumlah wartawan masih tetap menunggu.Sekitar pukul 09.00 WIB, Bupati Lampung Selatan ZH bersama AA, AT dan ABN, serta oknum pengusaha, menjalani pemeriksaan di Mapolda Lampung. Diketahui, Bupati dan 5 orang tersebut terjaring OTT atas kegiatan Proyek Infrastruktur.

Usai pemeriksaan, sekitar pukul 09.40 WIB, Bupati Lamsel Zainudin Hasan dan anggota Dewan, pejabat terkait satu diantaranya diketahui Kadis PU dan pihak swasta di giring ke Bandara Raden Intan II menggunakan tiga mobil, menuju Jakarta.Bupati Lamsel Zainudin Hasan saat dibawa KPK, berpakaian baju putih jeket warna cokekat dan berpeci hitam. Sedangkan Kadis PU, mengenakan baju putih berpeci hitam.

Menurut keterangan Ketua KPK Agus Rahardjo, pihaknya telah mengamankan Bupati Lampung Selatan ZH, bersama AA, TA dan oknum anggota DPRD Lampung ABN, satu orang pengurus partai inisial GR dan satu orang pengusaha inisial A. Selain itu, KPK juga telah mengamankan uang sebesar Rp700 Juta dalam pecahan Rp100 Ribu dan Rp50 Ribu serta mengamankan puluhan berkas, hasil dari penggeledahan Kantor pejabat terkait OTT. (*)