Bupati Lampung Barat Resmikan Jembatan dan Gedung Terpadu Graha di Pekon Trimulyo

Lampung Barat ( Duta Lampung Online ) Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus menghadiri acara tasyakuran dalam rangka HUT ke-37 Pekon Tri Mulyo, Gedung Surian, Lampung Barat, Selasa (26/10/2021).

Bersamaan dengan peringatan HUT Pekon Tri Mulyo Bupati meresmikan Gedung Terpadu Graha Lembaga Himpun Pemekonan (LHP) di lingkungan balai pekon setempat yang itu merupakan salah satu inovasi desa Pekon Tri Mulyo dan peresmian tersebut ditandai dengan pemotongan pita serta penandatanganan prasasti.

Bupati Parosil juga meresmikan jembatan yang berada di Pemangku Air Dingin V, Pekon Tri Mulyo yang juga ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Lalu, Bupati Parosil juga melakukan penandatanganan prasasti atas diterimanya bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari Telkom Indonesia yang bekerjasama dengan Universitas Lampung.

Diketahui, pembangunan jembatan tersebut bersumber dari Angaran Dana Desa (ADD) pekon setempat tahun 2021.

“Kita patut bersyukur, Pekon Trimulyo ini sudah mencapai usia 37 tahun,” ujar Parosil.

“Ternyata usia Pekon Tri Mulyo ini lebih tua dari Kabupaten Lampung Barat,” sambungnya.

Menurut Parosil, sudah semestinya bagi Pekon Tri Mulyo untuk menjadi lebih maju dan mandiri di usianya yang ke-37.

“Tadi kita sama-sama menyimak dan mendengarkan berbagai torehan prestasi Pekon Tri Mulyo,” kata Parosil.

“Ini patut diberikan apresiasi, karena pembangunan di tiap-tiap pekon tidaklah sama,” tambah dia.

Ia menilai, dari 131 pekon yang ada di Lampung Barat tidak semuanya dapat mengelola dana desa yang digelontorkan dengan baik.

“Akan tetapi, Pekon Tri Mulyo di bawah kepemimpinan Peratin (Kepala Pekon) Bukhori dapat mengelola ADD dengan baik,” terangnya.

Parosil menerangkan, perihal pembangunan bukan hanya berbicara tentang infrastruktur, semisal jembatan.

Namun, lanjut dia, sumber daya manusia (SDM) juga mesti dipikirkan dan dicerdaskan.

“Wajar saja kalau Pekon Tri Mulyo mendapat apresiasi dan penghargaan sebagai Smart Village atau desa pintar dari Provinsi Lampung,” ungkap dia.

Parosil mengaku bangga atas prestasi yang dicapai Pekon Tri Mulyo di bawah kepemimpinan Bukhori.

Usai menyampaikan sambutannya, Parosil sembari mengusung gaya candanya mengajukan beberapa pertanyaan kepada masyarakat yang menghadiri acara tersebut mengenai Pitu Program yang pemerintahannya canangkan.

Bagi masyarakat yang mampu menjawab pertanyaannya, ia berikan doorprize berupa bingkisan.

Kemudian, acara tersebut diakhiri dengan pemotongan tumpeng yang menyimbolkan wujud rasa syukur atas peringatan HUT ke-37 Pekon Tri Mulyo.

Di samping itu, sesaat sebelum memasuki tenda acara, Parosil menyempatkan diri untuk menanam pohon alpukat.

Penanaman pohon alpukat menjadi satu upaya dalam mewujudkan Kabupaten Lampung Barat sebagai kabupaten berbasis konservasi.

Hal itu berkaitan dengan satu di antara poin dari tiga komitmen yang dicanangkan Bupati Parosil bersama wakilnya Mad Hasnurin periode 2017-2022.

Selanjutnya disambung dengan melakukan penyerahan insentif kepada guru ngaji, marbot, dan imam masjid yang ada di dua kecamatan, yakni Kecamatan Sumber Jaya dan Kecamatan Kebun Tebu.

Insentif yang diberikan untuk masyarkat di Kecamatan Sumber Jaya berjumlah 30 orang dan Kecamatan Kebun tebu 50 orang.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus, Assisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Adi Utama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki Basri, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (PMP) Noviardi Kuswan.

Selain itu, turut hadir General Manager PT Telkom Indonesia, sejumlah mahasiswa dari Universitas Lampung, Camat Gedung Surian, Camat Air Hitam, Camat Kebun Tebu, dan Peratin se-Kecamatan Gedung Surian.