Bupati Chusnunia : Pendidikan Anak Usia Dini Sangat Penting !

0
140
Ilustrasi : Bupati Lamtim Kunjungi PAUD di Labuhan Ratu. (Foto Ist).
Lampung Timur (DLO)-Bupati Lampung Timur, Chununia Chalim, menghadiri acara Gebyar dan Sosialisasi Penuntasan Ikut Paud Minimal Satu Tahun Pra Sekolah Dasar Kabupaten Lampung Timur, di Gedung Pusiban, Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, Selasa (23/05/2017).
Acara yang mengambil tema “Dengan Semangat Gotong Royong, Kita Tingkatkan Layanan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (Paud HI) Agar Tercipta Generasi Muda yang Sehat, Cerdas, Produktif dan Berahlak Mulia tersebut, dihadiri pula Direktur Jenderal Paud dan Pendidikan Massa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Budayaan, Ir Harris Iskandar, P.hD., Direktur Pembina Pendidikan Anak Usia Dini, R. Ela Yulaela Wati,  Kepala Balai Pengembangan Paud Provinsi Lampung, Rindang Sari,  Kepala Dinas Pendidikan Lampung Timur, Yuliansyah, serta jajaran Pejabat Eselon II dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Lampung Timur, dan Forkopincam.
Dalam sambutannya, Chusnunia menekankan akan arti pentingnya pendidikan anak di masa usia dini sebagai pondasi yang baik, mengingat masa tersebut merupakan masa yang kritis bagi perkembangan jiwa soerang anak untuk masa depannya nanti.
“Ketika pondasi yang diberikan oleh kita sebagai orang tua, pada masa emas anak anak, tidak kuat maka akan memberikan efek pada masa depannya. Jadi, masa emas inilah yang betul betul jadi penentu langkah selanjutnya anak anak ini menjadi generasi Lampung Timur.” ungkap Chusnunia.
“Kalau kita tidak memberikan pondasi yang baik, mengajarkan kedalam kebaikan kebaikan, mengajarkan kepositifan dan sebagainya, akan sangat memberikan pengaruh yang akan mempengaruhi generasi yang ada di Lampung Timur,” jelasnya Bupati Lampung Timur itu kepada seluruh yang hadir.
Pada kesempatan yang sama Harris Iskandar juga menyampaikan agar setiap anak perempuan dan laki- laki wajib mendapatkan layanan pendidikan usia dini (PAUD) minimal satu tahun pra SD.
“Ini diseluruh Negara sebelum tahun 2030, ini merupakan perjanjian dunia dari 2015 – 2030,” ungkap Dirjen  Paud dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tersebut.
Pada kesempatan itu juga Harris Iskandar menyampaikan akan arti pentingnya kompetensi bagi para guru Paud yang ada diseluruh Indensia.
“Ini yang akan menjadikan Indonesia hebat. Kompetensi guru paud ini menjadi sangat penting dan menentukan generasi kedepan,” tambah sang dirjen tersebut.
Pada kesempatan yang sama, Kabag Humas Lampung Timur, Arli Rasyid, mengatakan pada kesempatan itu pihak Kemendikbud melalui Dirjen Paud dan Dikmas juga memberikan bantuan dana untuk pembinaan paud yang ada di Lampung Timur sebesar 420 juta rupiah.
“Bantuan tersebut akan digunakan untuk bantuan stimulan, bantuan inisiasi, bantuan pemberian makanan tambahan, bantuan layanan khusus, bantuan anak berkebutuhan khusus, bantuan pusat kegiatan gugus dan bantuan alat permainan edukatif. Dengan harapan, dana tersebut mampu memberikan daya dorong tersendiri bagi upaya menyukseskan pendidikan minimal satu tahun pra Sekolah Dasar di Lampung Timur,”pungkasnya.(Toni).