Bupati Ben Brahim Jadi Tersangka KPK, Kapolres Beberkan Situasi Keamanan Kapuas

0
33

Kuala Kapuas, (Pena  Berlian Online)– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat beserta istrinya Ary Egahni sebagai tersangka.

Kapolres Kapuas AKBP Qori Wicaksono mengatakan situasi keamanan di kota tersebut dalam keadaan aman dan terkendali.

“Situasi keamanan di wilayah hukum Polres Kapuas sampai saat ini masih terkendali,” kata AKBP Qori Wicaksono kepada awak media, Rabu (28/03/2023) malam.

Terkait penggeledahan yang dilakukan oleh tim KPK, Qori Wicaksono menyebutkan pihaknya dari Polres Kapuas hanya melaksanakan pengamanan kepada petugas KPK.

Sebelumnya Polres Kapuas telah menerima surat permohonan pengamanan tim dari KPK untuk melaksanakan kegiatan terkait adanya dugaan kasus yang ditangani oleh KPK.

“Jadi, kami menurunkan empat personel untuk pengamanan sesuai surat permintaan dari direktur penyidikan KPK dan tadi mereka (tim KPK) sudah melaksanakan kegiatan penggeledahan di kantor bupati dan rumah pribadi bupati Kapuas,” ujar Qori.

“Mengenai apa-apa kegiatan yang mereka lakukan dan hasilnya, itu adalah kewenangan dari KPK. Kami hanya melaksanakan pengamanan kepada petugas KPK saja,” sambung Qori Wicaksono.

Mantan Kapolres Kota Subulussalam Provinsi Aceh ini juga menambahkan, selain menurunkan empat personil yang melaksanakan pengamanan kepada petugas KPK, pihaknya juga mensiagakan satu satuan setingkat pleton di personel Polres Kapuas.

“Kami mensiagakan satu satuan setingkat pleton untuk mengantisipasi adanya gangguan Kamtibmas dari adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh KPK,” pungkas AKBP Qori Wicaksono.
(Red)