Bupati Agam Hadiri MTQ Nasional ke XL

0
28

Palupuah, (Duta Lampung Online) – Bersama Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah buka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-XL tingkat Kab. Agam, di Kec. Palupuah. Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur Sumbar yang juga diikuti Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, dihadiri Kakanwil Kemenag Sumbar, Forkopimda,,dan bapak anggota DPRD Agam bapak henrizal

Bupati Andri Warman mengatakan, MTQ penting dilaksanakan untuk menumbuhkan kecintaan umat pada Al-Qur’an, mendukung gerakan Agam madani dan mewujudkan SDM unggul serta profesional yang bermental qur’ani.

“Kini kita tengah berupaya kembangkan rumah tahfiz di Agam, minimal satu jorong miliki satu rumah tahfiz, kondisi terkini jumlahnya telah mendekati 200 rumah tahfiz,” katanya.

“Maka kita harap selain rumah tahfiz, melalui MTQ ini juga dapat melahirkan para generasi qur’ani di Agam,” harapnya.

Sekdakab Agam, Edi Busti selaku ketua LPTQ melaporkan, MTQN ke-XL Agam ini diikuti seluruh kecamatan dengan jumlah Kafilah 1.000 lebih.

Ia menyebutkan, MTQ selain ajang kompetisi tentu juga dapat mendorong kafilah lebih intens, berlatih dan belajar mengasah skill sesuai bidangnya masing-masing.

“Agam miliki qori dan qoriah yang potensial di Sumbar, tentu melalui MTQ kali ini potensi itu akan muncul kepermukaan, sehingga bisa berikan kontribusi bagi daerah dalam menggenjot prestasi di level lebih tinggi,” terangnya.

Ia menjelaskan, MTQN ke-XXXIX Sumbar, Kab. Agam berhasil menempati peringkat lima, bahkan berkontribusi pada MTQ tingkat nasional mewakili Sumbar

Untuk itu, MTQ kali ini awal bagi qori dan qoriah Agam untuk persiapkan diri dalam menghadang MTQ Sumbar, yang bakal digelar 2023. (Chiko)