Bripka Pajri berikan Edukasi Kamtibmas di SMPN 2 Lawang Kidul

0
8

MUARA ENIM : (Duta Lampung Online)- Bripka Pajri selaku Bhabinkamtibmas Desa Tegal Rejo Polsek Lawang Kidul Polres Muara Enim Polda Sumsel memberikan penyuluhan di SMPN 2 Lawang Kidul RT. 03 Desa Tegal Rejo Kec. Lawang Kidul Kab. Muara Enim, Senin (10/07/2023)

Bripka Pajri memberikan himbauan kepada anak-anak orientasi dalam acara MPLS (Materi Pengenalan Lingkungan Sekolah) dengan memberikan materi tentang kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba.

pentingnya menjauhi kenakalan remaja, seperti tawuran, merokok, minuman keras, vandalisme, dan perkelahian. Anak-anak diharapkan untuk fokus pada pendidikan dan menghindari perilaku yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Bahaya dan dampak negatif penyalahgunaan narkoba. Siswa perlu menyadari bahwa narkoba dapat merusak kesehatan fisik dan mental, mengganggu pendidikan, merusak hubungan sosial, serta berpotensi membawa mereka ke dunia kriminal.

Bhabinkamtibmas dapat menekankan pentingnya memilih teman yang baik dan positif. Mendorong siswa untuk bergaul dengan orang-orang yang memiliki nilai-nilai yang positif, menghormati hukum, dan berfokus pada tujuan hidup yang sehat.

Mengingatkan siswa untuk menggunakan waktu luang mereka secara produktif dan bermanfaat. Mengajak mereka untuk mengikuti kegiatan yang positif, seperti olahraga, seni, atau kegiatan sosial lainnya yang dapat membantu mengembangkan bakat dan minat mereka.

Pentingnya menghormati aturan sekolah dan masyarakat. Anak-anak perlu menyadari bahwa melanggar aturan hanya akan merugikan mereka sendiri dan orang lain di sekitar mereka. Menjaga ketertiban dan kedisiplinan akan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman.

Mengajarkan siswa tentang pentingnya menjaga keamanan diri dan lingkungan. Mengajak mereka untuk melaporkan hal-hal yang mencurigakan kepada orang dewasa atau pihak berwenang, serta menghindari berperilaku sembrono yang dapat membahayakan keselamatan diri mereka sendiri.

Bripka Pajri mendorong siswa untuk melakukan tindakan positif dalam masyarakat, seperti mengikuti kegiatan sosial atau sukarelawan, serta membantu orang lain yang membutuhkan. Hal ini akan membantu siswa untuk berkembang menjadi individu yang bertanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi, SH, SIK, MH melalui Kasi Humas AKP RTM Situmorang menerangkan Bhabinkamtibmas, tugas utama adalah menjalin kedekatan dan membangun hubungan yang baik dengan masyarakat, termasuk anak-anak. Bhabinkamtibmas memiliki peran penting dalam memberikan pendidikan, pemahaman, dan bimbingan kepada anak-anak terkait berbagai aspek keamanan dan ketertiban masyarakat

Pesan-pesan Kamtibmas tersebut diharapkan dapat membantu para siswa memahami pentingnya menjaga keamanan, ketertiban, dan keselamatan diri dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada di masyarakat,” tutup Kasi Humas Polres Muara Enim

Nasrul*