Brigif-3 Marinir Laksanakan Upacara HUT Republik Indonesia Ke-71 Dilaut

0
293
Brigif-3 Marinir Laksanakan Upacara HUT Republik Indonesia Ke-71 Dilaut

Pesawaran (Duta Lampung Online)-Brigade Infanteri-3 Marinir (Brigif-3 Mar) melaksanakan upacara dalam rangka memperingati HUT RI ke 71 di Pantai Marine Eco Park (MEP) Kec. Padang Cermin,Pesawaran Lampung, dipimpin Komandan Brigif-3 Marinir, Kol Mar Werijon, Rabu (17/8/2016).

Sebagaimana lomba peringatan 17 Agustus 2016,  beberapa hari yang lalu dilakukan di laut; demikian juga Upacara Bendera Detik Detik Proklamasi juga dilakukan dilakukan di laut.

Komandan Brigif-3 Marinir Kolonel Marinir Werijon mengatakan, upacara bendera peringatan hari Kemerdekaan RI ke 71 yahun 2016 sengaja dilakukan di tengah laut, sebagai pengingat bahwa Indonesia adalah negara Maritim. “Sebagian besar Negara kita terdiri atas lautan, maka ini sebagai pengingat bahwa Negara kita adalah negara maritim,” kata Kol. Mar Werijon yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dan berdiri diatas Tank Ampihibi.

Diinformasikan oleh Pasintel Brigif 3-Mar Letkol Mar Ilham Fajar Hadir dalam upacara HUT RI ke 71 Brigif-3 Mar dihadiri oleh seluruh Perwirastaf Brigif-3 Mar, Dansatlak jajaran Brigif-3 Mar dan Muspika Padang Cermin.

Semua kegiatan upacara di laut tersebut, dilakukan layaknya upacara pengibaran bendera di darat. Semua kegiatan dilakukan di air, baik peserta upacara yang terdiri dari seluruh anggota Brigif 3 Marinir dan komandan upacara, dimana sebagian badan mereka berendam di air.Beberapa tank amphibi juga berada di air.

Selain seluruh anggota Brigif-3 Mar, upacara juga diikuti oleh segenap masyarakat sekitar Mako Brigif-3 Mar, Karang Taruna, siswa SD, SMP, SMA/SMK se Kecamatan Padang Cermin. Upacara dilakukan dengan hikmat dan disaksikan oleh warga sekitar dengan penuh antusias dan masyarakat merasa bangga sebagai warga Indonesia.

Masih menurut Kol Ilham Fajar, rangkaian kegiatan 17 Agustus sebelumnya telah dilakukan oleh Brigif 3 Marinir yaitu olahraga bersama berupa bersepeda dengan unsure Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lampung dengan start Yonif-9 Mar dan finish di pantai Marine Eco Park (MEP).

Selain itu, pestarakyat dan bermacam perlombaan rakyat seperti Lomba Kano, Tarik tambang diatas perahu karet,lomba menangkap bebek, lomba gebuk bantal dan lomba panjat pinang. Semuanya dilakukan dilaut.
Pesta rakyat itu juga dimeriah kan oleh Dynasty band dengan vokalis Andhika eks vokalis Kangen Band. Masyarakat sekitar Padang Cermin terhibur dengan kegiatan tersebut karena selama ini mereka haus hiburan, mengingat wilayah mereka berada dua jam perjalanan dari kota Bandar Lampung. Pantai MEP merupakan karya Brigade 3 sebagai tempat rekreasi rakyat dan berbagai kegiatan anggota Marinir dan masyarakat setempat. (Dalom Maha Indra/IP/SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here