Brida Lampung Selatan Bekali Pendamping dan Operator OPD Bimtek Inovasi Daerah

0
4

Lampung Selatan, (Duta Lampung Online) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Kabupaten Lampung Selatan kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Inovasi Daerah tahun 2024.

Kegiatan yang diikuti oleh pendamping inovasi dan operator inovasi dari perwakilan tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkup Pemkab Lampung Selatan ini digelar di Klinik Inovasi Kantor Brida setempat, Selasa (7/5/2024).

Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Brida Lampung Selatan, Lafran Habibi, menjelaskan bahwa Bimtek tersebut diadakan untuk mendorong perkembangan inovasi di berbagai organisasi pemerintahan.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang inovatif. Baik dalam tata kelola pemerintahan, pelayanan publik, maupun urusan yang menjadi kewenangan daerah lainnya,” kata Lafran.

Lafran menekankan pentingnya kerja sama antara Brida dengan instansi terkait, terutama para pendamping dan operator, guna mencapai target menjadi kabupaten terinovatif.

“Kita panya target menjadi kabupaten terinovatif. Berarti kita punya upaya yang lebih keras. Saya harap tiap instansi terutama para pendamping maupun operator bisa bekerjasama dengan kami (Brida Lampung Selatan),” imbuh Lafran.

Pada kesempatan itu, Lafran juga menjelaskan secara teknis tentang penciptaan inovasi, uji coba/penerapan inovasi, pelaporan inovasi kabupaten, hingga data inovasi yang dimiliki nantinya dilaporkan serta dinilai oleh Kementerian Dalam Negeri.

“Bimtek ini lebih bersifat internal untuk pelaksanaan di OPD, namun setelahnya akan disosialisasikan ke eksternal agar informasi inovasi dapat dipublikasikan secara lebih luas,” ujar Lafran.

Sementara, instansi yang mengikuti Bimtek kali ini, meliputi Dinas Kominfo, Dinas Dukcapil, Dinas PMD, dan Dinas Perhubungan, dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah. Jadwal Bimtek direncanakan akan berlangsung hingga 29 Mei 2024 mendatang. (Hy)