BMKG Lampung Perkirakan Kerap Turun Hujan Selama Ramadan

0
7

BANDAR LAMPUNG – Duta Lampung Online (DLO) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memperkirakan akan terus terjadi hujan selama Ramadan di sejumlah wilayah di Bumi Ruwa Jurai.

Menurut prakirawan cuaca BMKG Lampung Rudi, intensitas hujan tidak sebanyak bulan Mei karena saat ini seharusnya wilayah Lampung sedang memasuki musim kemarau. “Ada ada gangguan suhu muka laut yang masih hangat. Kondisi ini memungkinan siang atau sore hari di beberapa daerah akan terjadi hujan,” seperti dilansir Lampost.co, Senin (6/6/2016) .

Menurutnya, penyebabnya terjadinya hujan awal Juni karena adanya anomali di permukaan laut. Suhu muka laut yang hangat berpotensi mendukung penguapan dan membentuk pertumbuhan awan sehingga menjadi hujan. BMKG mengamati anomali sekitar positif 1 dan itu mendukung penguapan dan pertumbuhan awan.

Selain itu, kata dia, penyebab terjadinya hujan karena adanya tekanan udara rendah terutama di dataran tinggi. Di beberapa wilayah Lampung akan terjadi hujan ringan hingga sedang. Tepatnya di wilayah barat Lampung karena sering terjadi tekanan udara rendah atau pusat berkumpulnya masa udara sehingga terbentuk awan-awan hujan dan menjadi hujan,(*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here