Bimtek SAKIP & RB resmi dibuka Sekda Tubaba

0
26

Jakarta Selatan (Duta Lampung Online)– 12/9/19, Bagian Organisasi Setdakab Tubaba bekerja sama dengan Kementrian PAN RB mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) Tahun 2019. Acara tersebut dibuka secara langsung oleh, Sekretaris Daerah, HERWAN SAHRI, SH., M.A.P.

Sebelumnya dihari Rabu, tanggal 11 September 2019 pembekalan  SAKIP & RB oleh Bu Rinche (sapaan akrab) dan tim dari Provinsi Lampung lainnya telah menyampaikan kisi-kisi yang musti dipersiapkan.

Agendra terjadwal yang berlangsung pada tanggal 11 – 14 September 2019 dan diikuti oleh 16 satuan kerja dilingkungan Kabupaten Tulang Bawang Barat. Terbagi dalam beberapa kelas yang dimentori oleh Dra. Nadimah, MBA kelas A (Bappeda; Inspektorat; Pendidikan; PUPR; dan Kesehatan) dan Hatni, SH kelas B (Pol PP; PTSP; Dinsos; Capil; dan Dispora),  serta Arif kelas C (Pertanian; BPKAD; Koperindag; Disnaker; Kominfo; dan BKD).

Pelaksanaan Bimtek penguatan SAKIP merupakan amanah  Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi atas Implementasi SAKIP.

Berdasarkan Permen PAN dan RB Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah maka setiap pimpinan instansi pemerintah melakukan evaluasi atas implementasi SAKIP di lingkungannya setiap tahun, dan hasil evaluasi digunakan untuk memperbaiki manajemen kinerja khususnya kinerja publik di instansinya secara berkelanjutan.

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat, HERWAN SAHRI, SH., M.A.P., hasil dari pada bimtek ini diharapkan atas akuntabilitas kinerja instansi pemerintah tahun 2019 Kabupaten Tulang Bawang Barat memperoleh kenaikan nilai atau peringkat B, meningkat dari tahun sebelumnya.

Penguatan akuntabilitas kinerja merupakan salah satu program yang dilaksanakan dalam rangka Reformasi Birokrasi. Melalui Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) kita semua dipacu terus meningkatkan kualitas kinerja kita sejak mulai  dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporannya.

Dalam pelaksanaan di lapangan, SAKIP juga menguji akuntabilitas seluruh proses yang berlangsung  melalui kegiatan evaluasi atas implementasinya sehingga teruji kebenarannya.

“Setiap pimpinan instansi pemerintah melakukan evaluasi atas implementasi SAKIP di lingkungannya setiap tahun. 16 OPD yang hadir ini diharapkan memberi  Hasil evaluasi yang lebih baik untuk digunakan memperbaiki manajemen kinerja khususnya kinerja pelayanan publik di instansinya secara berkelanjutan”, ujar Sekda (12/9). (*)