Berikut Penyebab Terjadinya Kebakaran Kapal Ferry KMP ROYCE di Pelabuhan Merak Banten

0
108

Lampung Selatan, (Duta Lampung Online) PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengkonfirmasi bahwa telah terjadi kebakaran di KMP ROYCE 1 milik PT DLB pada Sabtu (6/5) sekitar jam 15.45 WIB saat pelayaran dari Merak menuju Bakauheni, Lampung.

Dilaporkan sebelum melintasi Pulau Tempurung Merak, salah satu bus mengalami rusak mesin yang menimbulkan percikan api sehingga terjadi kebakaran. Namun saat ini api telah dapat dipadamkan. Rencananya KMP ROYCE 1 akan disandarkan dan dievakuasi di Merak.

Hal yang sama juga dijelaskan oleh salah satu sopir fuso yang berada dalam kapal tersebut saat dikonfirmasi melalui telepon selularnya, Jul Hamidi (34) menjelaskan, kebakaran bus tersebut ketika bus sedang parkir dilantai bawah kapal, diduga mesin bus dalam keadaan hidup sehingga mengalami konslet mesin yang mengakibatkan kebakaran.

“Posisi bus itu yang terbakar itu terparkir dilantai bawah mas, sepertinya mesin bus itu masih hidup makanya terjadi kebakaran mungkin akibat konslet mesin.” Ujarnya

“Kami juga disini panik. Khawatir kendaraan kami juga ikut terbakar.” Tambahnya

Untuk selanjutnya, Tim BPTD, ASDP, Basarnas dan instansi terkait telah berkoordinasi untuk segera mengondisikan kapal untuk sandar di pelabuhan Merak dan dapat segera melakukan evakuasi kepada seluruh pengguna jasa.(WS)