BERBAGI PENGALAMAN BERHARGA SEWAKTU JADI PNS

0
113
Wakil Gubernur (fhto istimewa)

Duta Lampung Online(DLO)-Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri berbagai pengalaman pribadinya sewaktu menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Guna menempati suatu jabatan, membutuhkan totalitas dan kerja keras. Untuk itu diharapkan setiap pejabat dapat melatih kemampuan menjadi seorang pemimpin.

Demikian disampaikan Bachtiar saat membuka acara pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (Diklatpim) III angkatan II, yang diikuti puluhan pejabat eselon III di lingkungan pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Lampung di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Lampung, Senin (17/4).

Bachtiar menguraikan, menjadi pemimpin memiliki tiga persyaratan utama yakni harus mampu menjadi guru, menjadi teman, serta menjadi pelayan. “Untuk itu pemimpin harus banyak mengetahui bidang tugasnya, pemimpin harus jadi pemersatu. Sehingga bawahan merasa nyaman di lingkungan kerjanya, serta pemimpin harus mampu melayani masyarakat. Itulah nilai penting pemimpin mampu menjadi guru, teman dan pelayan,” ungkapnya.

Ia pun berharap dengan Diklat Kepemimpinan, akan dihasilkan seorang pemimpin yang mampu mengayomi, membimbing dan mengarahkan stafnya untuk berkeinginan sama dalam mencapai tujuan organisasi. Sehingga lahirlah para pemimpin yang ekspert dan profesional.

“Sehingga instansinya dapat memberikan pelayanan terbaik, serta dapat mengimplementasikan prinsip-prinsip ‘Good Governance’ terutama aspek transparansi, akuntabilitas dan partisipasi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bachtiar juga berharap di masa mendatang Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Lampung, kian meningkatkan daya saing dalam konstelasi regional maupun nasional. Disamping mampu menghasilkan peserta diklat yang profesional, yang mampu melakukan inovasi dan mengimplementasikan proyek perubahan instansi.

“Hal ini dikarenakan sistem kediklatan sangat tergantung dari kualitas sarana dan prasarana. Tenaga pengajar yang berkualitas, penyelenggara diklat yang berorientasi pada pelayanan, kemampuan peserta diklat yang terseleksi dengan baik, IT yang menunjang dan dukungan pendanaan yang memadai,” tuturnya (HARY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here