Bangun Ulang Pasar Pulungkencana, Pemkab Tubaba Siapkan Rp1 Miliar

0
40

PANARAGAN (DUTA LAMPUNG ONLINE) — Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) berencana langsung melakukan pembangunan ulang 94 kios yang terbakar di Pasar Pulungkencana, Tulangbawang Tengah, Senin (7/5/2018) malam.

Pembangunan ulang pasar tersebut akan disiapkan dana sebesar Rp1 miliar melalui anggaran tanggap darurat dalam APBD 2018. “Untuk pelaksanaan pembangunan kita menunggu hasil porensik pihak kepolisian. Harapan pak bupati, kios ini sudah bisa ditempati ramadhan sebelum lebaran,”ujar wakil bupati Fauzi Hasan saat melakukan peninjauan lokasi kebakaran, Selasa (8/5/2018). Wakil bupati mengatakan dalam pengerjaannya pemkab akan melakukan gerak cepat sesuai harapan pedagang.

Kontruksi bangunan tetap dengan kontruksi awal yakni kontruksi bajaringan. “Inikan bencana, kasian pedagang kalau harus menunggu proses birokrasi yang panjang. Apalagi ini akan menghadapi ramadhan dan lebaran idul fitri,” kata dia. Terkait dengan total kerugian lanjut dia, pemkab baru bisa menghitung kerugian kontruksi bangunan yakni sekitar Rp1,7 miliar. Untuk kerugian pedagang masih dalam tahap penghitungan.

“Kalau kerugian pedagang kemungkinan miliaran rupiah, karena para pedagang sudah banyak menyetok barang untuk dijual pada ramadan,” ujarnya. Ditempat terpisah, Sekdakab Herwan Sahri menambahkan, sesuai dengan kemampuan anggaran pemkab telah menyiapkan dana sebesar Rp1 miliar melalui pos anggaran tanggapan darurat. Dana ini akan digunakan untuk pembangunan kios yang terbakar. “Anggarannya sudah siap dalam APBD 2018. Tapi, kita harus menunggu kesimpulan polisi secara resmi terkait kebakaran ini, baru kita tunjuk rekanan untuk bekerja di lapangan,” kata dia.

Sementara itu, terkait dengan tali asih kepada pedagang kata Sekdakab, tim sedang melakukan inventarisasi dilapangan. “Kalau masalah tali asih untuk pedagang masih dalam tahap pembahasan. Sebab, kerugian pedagang belum didapat secara final. Tapi, tali asih tetap akan dipikirkan pemkab,” kata dia. (lpc)