Bang salam Ikuti fit and Proper Test PDIP untuk Balonbup Tanggamus

0
86
( foto istimewa)

Tanggamus(DLO)- Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan kemarin (7/8) menggelar fit and proper test terhadap bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati Tanggamus. Dari narasumber internal PDI Perjuangan Tanggamus yang berhasil dikonfirmasi kemarin petang, ada tiga pendaftar yang tidak mengikuti tes di markas partai berlambang banteng itu.

Ketua Penjaringan‎ Balon Kepalaa Daerah Dewan Pimpinan Cabang PDIP Tanggamus Hasmal Yadi menerangkan, ketiga balon yang tidak ikut uji kelaikan dan kepatuhan serta psikotes di DPP PDIP, adalah balon wabup Teddy Kurniawan, balon bupati Joko Santoso, dan balon wabup Zainuddin Hanafi.

Menurut Hasmal Yadi, ketiganya tidak ikut tes dengan alasan beragam. Mulai dari sakit, ada acara keluarga, hingga tidak ada konfirmasi sama sekali. Dia mengaku, Tedi Kurniawan berhalangan hadir karena sakit dan sudah komunikasi dengannya melalui pesan singkat WhatsApp.

“Untuk Zainudin Hanafi, sedang ada acara keluarga di luar kota. Sementara Joko tidak ada kabar. Sebab nomor ponsel pribadinya dan juga nomor ponsel LO-nya tidak bisa dihubungi, ” terang Hasmal melalui telepon selulernya, kemarin (7/8) petang.

Dikatakan Hasmal, bahwa tahapan uji kelaikan dan kepatuhan serta psikotes merupakan salah satu rangkaian penting. Sebab untuk mengetahui kesiapan calon. Termasuk soal pendanaan,  pemetaan wilayah, serta visi dan misi calon.

“Dari tahapan (fit and proper test) inilah bisa dilihat keseriusan calon. DPP (PDIP) sendiri menjadwalkannya hanya satu hari. Saya juga tidak tahu apakah ada penjadwalan ulang. Sebab itu untuk menjelaskan hal ini adalah domainnya DPP, ” ujar Hasmal. ‎

Balon bupati yang mengikuti tahapan fit and proper test dan psikotes, dia menerangkan, yakni Dewi Handajani, Samsul Hadi, Rizal Umar, Nizwar Affandi, dan Buyung Suhardi.

“Sementara untuk balonwabup yang mengikuti adalah AM. Syafi’i, Pandu Kesuma Dewangsa, Nuzul Irsan, Darussalam, Taufiqurrahman, KRT Setyo Anugerah Perkasa, Alhajar Syahyan, dan Dian Assafri Nasa’i,” papar Hasmal.

Dia menambahkan, ‎partai yang bermarkas di Menteng, Jakarta Pusat itu melaksanakan serangkaian tes yang dimulai pukul 09.00 WIB. Jadwalnya diawali tes psikologi, lalu tes tertulis, barulah fit and proper test. Untuk tes terhadap para balon bupati dan wabup Tanggamus, DPP PDIP hanya memberikan waktu satu hari.

“Namun bisa jadi, waktu pelaksanaan tes untuk para balon bupati dan wabup Tanggamus hari ini (kemarin, Red) lebih lama dibandingkan pelaksanaan tes untuk para balon bupati dan wabup Lampung Utara. Sebab jumlah pendaftar dari Tanggamus lebih banyak,” tandas Hasmal Yadi(spr)