Balap Perahu Hias Akhiri Festival Rajabasa

0
0

Lampung Selatan, Dutalampung Online – Lomba perahu hias dan perahu jukung mengahiri gebyarnya pagelaran Festival Rajabasa IV tahun 2016. acara yang dimulai dari pukul 09.00 – 15.00, diadakan oleh Dinas Pariwisata Seni dan Budaya (Disparsebud) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan yang diselenggarakan dilapangan Desa Kunjir Kecamatan Rajabasa, Minggu (15/5).

Lomba yang dihadiri ketua MPR RI Zulkifli Hasan yang sekaligus melepas peserta lomba dengan di dampingi Bupati Lamsel Zainudin Hasan beserta Pj. Sekretaris Daerah (sekda) Erlan Murdianto, Kepala Disparbud Fauziah Arief beserta kepala dinas, badan dan forkopimda kabupaten setempat.
kehadiran Zulkifli Hasan menambah kemeriahan ahir dari pagelaran Festival Rajabasa IV sehingga antusias puluhan peserta lomba menjadi warna tersendiri serta suksesnya acara tersebut bisa dilihat dengan hadirnya ratusan warga yang berbondong bondong untuk menyaksikannya.

usai melepas para peserta lomba, saat diwawancarai awak media Zulkifli Hasan merasa senang dengan wajah tersenyum saat melihat perlombaan perahu jukung yang mengingatkan masa masa kecilnya dulu dan dia juga berharap perlombaan tersebut diadakan rutin setiap tahunnya. “perlombaan semacam ini mengingatkan saya ketika masih kecil dulu yang memakai perahu jukung untuk menangkap ikan dilaut. saya juga berharap kedepannya perlombaan ini diakan rutin setiap tahun bila perlu setiap 6 bln sekali.” ucapnya seusai melepas peserta lomba dan wawancara pada awak media, Zulkifli Hasan beserta rombongan langsung meninggalkan lokasi untuk melaksanakan solat berjamaah.

di tempat lain, Kepala Disparbud Kabupaten Lampung Selatan Fauziah Arief mengatakan, alasan pihaknya menggelar lomba perahu jukung dan hias di wiliyah pesisir Lampung Selatan tepatnya Desa Kunjir Kecamatan Rajabasa, dikarenakan masyarakatnya mayoritas berprofesi sebagai nelayan dan sudah memiliki kapal atau perahu sendiri. “Alasan mengapa kami mengadakan lomba perahu hias dan perahu jukung di pesisir khususnya di Desa Kunjir ini karena mayoritas masyarakatnya sebagai nelayan dan mereka memiliki perahu sndiri, dengan begitu masyarakat disini juga bisa memanfaatkan perahunya sebagai kendaraan laut untu para wisatawan yang ingin berwisata di sini,” katanya

Sanjutnya dia mengatakan, diadakannya lomba tersebut bertujuan untuk pelestarian kebudayaan masyarakat nelayan serta memberikan angin segar dunia pariwisata bahari bagi Lampung Selatan, karena dilaksanakan di pantai Desa Kunjir Kecamatan Rajabasa dan secara tidak langsung mempromosikan wisata bahari yang ada disini. “Lomba perahu sebagai ivent masyarakat nelayan. Seperti, rangkaian ruwat laut, perahu hias, serta memancing ikan. Kemudian, lomba perahu jukung ini juga merupakan olahraga tradisional. Untuk diketahui juga, tahun ini akan ada Style Krakatau tingkat Provinsi Lampung yang rencananya dipusatkan di Kecamatan Rajabasa, Insya’ Allah, pemenang lomba ini, akan kita ikutkan pada ivent ini,” ujar dia.

Sementara itu, Sekretaris Disparbud kabupaten setempat Ike Yuliasari menjelaskan, peserta lomba perahu jukung diikuti kurang lebih 50 orang peserta yang rata-rata berprofesi sebagai nelayan yang berasal dari Desa Way muli, sukaraja, way muli timur, canti, banding, batu balak, kunjir dan pauh tanjung iman, Kecamatan Kalianda serta pemeneang lomba diahir acara nanti akan mendapatkan dana pembinaan puluhan juta rupiah.

“Untuk jumlah pesertanya ada sekitar 50 orng dan startnya dimulai dari bibir pantai setempat, lalu diarahkan ke laut dengan melewati jalur-jalur yang sudah ditentukan oleh panitia. untuk pemenang juara nanti ada uang pembinaan sebesar Rp. 20 juta serta hadiah menarik lainya yang diberikan dari dinas maupun pihak sponsor dan insya’ allah acara seperti ini akan kita adakan setiap tahun,” tandasnya

di sisi lain, pemenang lomba perahu jukung, Juara I diraih oleh Enik dari Desa Waymuli, juara II diraih oleh Mustar dari Desa Banding, juara III diraih Suryadi dari Desa Waymuli Timur. Sedangkan, peraih juara harapan yakni Samsul dari Desa Batu Balak menempati posisi ke I, kemudian Jayadi dari Desa Waymuli berada diposisi ke II, selanjutnya Jahiri dari Desa Waymuli bertengger diposisi ke III. Dan pemenang lomba perahu hias, juara I diraih oleh Rais, juara II diraih oleh Muksin semeta juara III daraih oleh Nordin. semetara juara harapan I ditempati oleh Ican, juara harapan II jatuh pada Hendri dan posisi juara harapan III diisi oleh Sueb. (wawan)