Babakan Irigasi Kute Atas Jebol Petani Ataran Desa Pajar Bulan Gagal Tanam

0
13

Muara Enim Sumsel.(Duta Lampung Online)  Minggu/6/Nov/2022..Babakan irigasi Kute Atas Desa Pajar Bulan Kecamatan Semende darat ulu (SDU) Kabupaten Muara Enim jebol sepanjang 15 meter yang mengaliri sawah sekitar 85 hektar saat ini terancam tidak bisa digarap.

Pasalnya irigasi kute Atas dibangun tahun 2020 sudah jebol akibatkan masyarakat Desa Pajar Bulan tidak bisa menggarap sawah mereka dan juga warga sekitarnya pada musim tanam di kwartal 3 tahun 2022. Sabtu, (05/11/2022)

Menurut salah satu pemuka masyarakat yang enggan disebutkan namanya, bangunan irigasi tersebut dibangun tahun 2020 dengan menggunakan dana APBD Kabupaten Muara Enim tahun 2020.

Lebih lanjut dikatakannya “hsangat disayangkan bangunan irigasi baru berapa tahun sudah jebol,” ucapnya.

Ditambahkannya, saat ini sekitar 85 hektar sawah yang tidak bisa dialiri air dan ini akan berdampak gagal tanam.

“Kami sebagai warga sangat kecewa dengan jebolnya Babakan irigasi di ataran kute atas desa Pajar bulan,” tandasnya.

Ketika dikonfirmasi Kepala Desa Pajar Bulan Herliadi melalui WhatsApp nya, ia berharap terjadi jebolnya Babakan irigasi kute atas Desa Pajar Bulan, agar Pemerintah Kabupaten Muara Enim dapat menindaklanjuti apa penyebab terjadi jebolnya babakan irigasi tersebut.

Dikatakan Herli “dengan jebolnya Babakan irigasi di ataran kute atas dapat menyebabkan gagal tanam di akhir tahun 2022,” ucapnya.

Sedangkan irigasi ini satu-satunya untuk mengaliri sawah warga sekitar 85 hektar dan saat ini sudah waktunya warga menggarap sawah untuk masa tanam.

“Jebolnya Babakan Irigasi Kute Atas tersebut, telah saya laporkan ke DPRD, Bappeda, Dinas PU PR dan Pengairan kabupaten muara Enim,” pungkasnya.

Jurnalis:Rahman.