Apresiasi Fauzi Terhadap Lomba Panco yang Digelar POGTI Pringsewu

0
33

Pringsewu (Duta Lampung Online)- Persatuan Olahraga Gulat Tangan Indonesia (POGTI) Pringsewu, gelar lomba Panco bertempat di ruang makan kebuli bunda Pajaresuk Pringsewu, Minggu (30/8). Kegiatan perlombaan ini dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-75 RI, sekaligus mengenalkan Panco ke masyarakat luas.

Menurut Teguh Gunawan Jaya, Ketua POGTI Pringsewu, POGTI merupakan bagian dari FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) dan merupakan olahraga adu kekuatan tangan yang sudah tidak asing di kalangan masyarakat dan biasa dimainkan.

Teguh menambahkan, Panco atau gulat tangan ini telah dikenal sejak dulu oleh berbagai kalangan masyarakat. Kini olahraga tersebut telah merambah sampai ke Pringsewu, secara resmi dalam wadah organisasi POGTI.

“Panco atau dikenal dengan nama gulat tangan (arm wrestling), tidak hanya mengandalkan otot dan tenaga. Arm wrestling juga ada teknik, taktik, dan strategi,” ungkap Teguh.

Wakil Bupati Pringsewu, yang juga merupakan Pembina POGTI Pringsewu, Dr.Fauzi, mengatakan bahwa Panco adalah olahraga sederhana dan tidak perlu peralatan macam-macam, sehingga memungkinkan untuk dimainkan oleh siapa saja dan memasyarakat.

“Ini merupakan olahraga yang murah, namun menyehatkan,” ujar Fauzi.

Lanjut Fauzi, Meskipun begitu dalam kegiatan olahraga Panco jangan hanya mengandalkan otot dan tenaga, karena arm wrestling juga ada teknik, taktik, strategi dan kepiawaian dalam bertanding.

“Semoga dengan digelarnya acara Panco atau gulat tangan terutama di Kabupaten Pringsewu, dapat berkembang pesat dan bisa membawa harum Pringsewu di kancah nasional bahkan internasional,” tegas Fauzi. (Rilis)