Aktivis Minta Kejari PALI Bidik Kontraktor Nakal di Dinas PUTR Kabupaten PALI

MUARA Enim: (Duta Lampung Online)- Aktivis Sumsel, Syerin Apriandi meminta jajaran Kejari Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) lanjutkan prestasi cemerlangnya dengan sikat abis para terduga maling duit rakyat.

Menurut Syerin, baru-baru ini Kejari PALI berhasil membuka kasus dugaan korupsi terkait Dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) di Dinkes Kabupaten PALI dengan dugaan kerugian negara sebesar Rp400 juta lebih.

“Dimana ada dua PLT Kadin yang saat ini jadi tersangka dan ditahan. Tentunya hal ini patut publik apresiasi di tengah dinginnya Penindakan hukum dugaan kasus Korupsi besar di Kabupaten PALI,” ujarnya, Minggu, 23 Juli 2023.

Syerin meminta sekaligus berharap Kejari Kabupaten PALI agar segera membidik dugaan maling duit rakyat atau kongkalikong di Dinas PUTR Kabupaten PALI.

Bukan tanpa sebab, Menurut Catatan Syerin, dari rentan 2018-2020 potensi kerugian negara atau kebocoran anggaran di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten PALI sangatlah fantastis, bahkan termasuk salah satu OPD di Sumatera Selatan yang mengalami potensi kebocoran anggaran terbesar.

“Besarnya potensi kebocoran anggaran pada Dinas PUTR Kabupaten PALI bisa dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, seperti rentan tahun 2018 hingga 2020 dimana hanya kurun waktu tiga tahun saja potensi kebocoran anggaran pada Dinas PUTR PALI mencapai Rp34,1 miliar lebih,” ulas Syerin.

Adapun rincian jumlah uang yang mengalami kebocoran pada Dinas PUTR Kabupaten PALI yang dirinci Syerin yakni tahun 2018 sebesar 23,6 miliar dan Tahun 2019 sebesar Rp2,2 miliar. Serta pada tahun anggaran 2020 sebesar Rp8,3 miliar.

“Di sana jelas Dinas PUTR Kabupaten PALI sangatlah parah dugaan ada aroma kental kongkalikong,” jelasnya.

Atas dasar itulah, Syerin mendorong Kejari PALI agar segera membuka penyelidikan di Dinas PUTR Kabupaten PALI.

“Tidak ada salahnya jika Kejari Kabupaten PALI segera membuka penyelidikan pada Dinas PUTR Kabupaten PALI apalagi kasus dugaan korupsi di Dinas PUTR Kabupaten PALI naik Sangatlah minim baru Kasus Normalisasi Sungai Abab,” akhirnya.

Nasrul*