Aksi Damai, Warga Kampung Purwodadi Tuntut Kakam Mundur

0
86

LAMPUNG TENGAH, (Duta Lampung Online) – Halaman Kantor Kepala Kampung Purwodadi, Kecamatan Bangunrejo, Kabupaten Lampung Tengah dipenuhi ratusan warga untuk menggelar aksi damai menuntut Subandi selaku kepala kampung setempat mundur dari jabatannya. Aksi warga terjadi pada Kamis (1/4/2021).

Warga Kampung Purwodadi minta kepada pihak yang berwajib dalam hal ini penegak hukum agar oknum pemotong bantuan dari pemerintah untuk rakyat segera ditindak.

Tokoh masyarakat sekaligus korlap aksi damai, Harno mengatakan, Banyak hal yang dilakukan oleh aparatur kampung secara sepihak. Dalam kebijakannya tanpa mengedepankan azas musyawarah.

“Warga sudah lelah dibohongi oleh aparatur kampung. Banyak informasi tentang program yang tidak jelas”, katanya.

Harno juga mengatakan, banyak bantuan dari pemerintah untuk rakyat yang di potong oleh aparat kampung tanpa persetujuan yang bersangkutan.

“Bantuan BLT, Bantuan UMKM, sampai insentif RT pun di potong”, ungkap Harno.

Harno juga mengungkapkan, balai kampung atau kantor kampung seyogianya selalu ada petugasnya dan siap melayani keperluan warganya. Namun yang terjadi sebaliknya, banyak warga yang kecewa setiap kali membutuhkan pelayanan selalu kosong tidak ada petugas.

Adalah Salimah, salah satu mantan pengurus BUMK Kampung Purwodadi yang di pecat secara sepihak oleh oknum aparatur setempat menjabarkan, ada beberapa program BUMK yang sudah bisa dinikmati masyarakat, namun aset yang senilai Rp 200 juta dialihkan untuk sewa pasar.

“Sewa ruko tidak sesuai kondisi, warga enggan menggunakan dan enggan berjualan di fasilitas ruko itu”, ujarnya.

Selain itu warga setempat, Uhon, mengakui bantuan UMKM dipotong untuk keperluan membeli batu sabes untuk menimbun jalan tanpa kejelasan dan penjelasan. Menurutnya, bantuan UMKM yang dipotong
dari Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu per orang.(tim )