Agus Istiqlal, Buka Acara Khitanan Masal di GSG Selalaw

Pesisir Barat (DLO)- Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Melalui Dinas Sosial, Menggelar Bhakti Sosial Khitanan Massal, Di Gedung Serba Guna (GSG) Selalaw, Pesisir Tengah, Selasa (01/8).

Kegiatan khitanan massal yang di buka langsung oleh Bupati Kabupaten Pesibar, Agus Istiqlal, membawa tema, “Membina Kasih Sayang Bersama” kabupaten pesisir barat tahun 2017,

Agus dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan bhakti sosial adalah menumbuhkan rasa kepedulian sosial kepada sesama manusia serta meningkatkan dan mempererat tali persaudaran dalam mempermudah penyelenggaraan aktivitas sosial secara koordinasi, sinergis dan terarah.

Selanjutnya, kegiatan bhakti sosial dengan bentuk kegiatan khitanan massal bagi keluarga kurang mampu yang ada di kabupaten pesibar yaitu sebagai upaya kerja nyata pemerintah daerah untuk menuju masyarakat yang sejahtera, sesuai dengan tema kegiatan ini adalah “membina kasih sayang bersama,”. Ujarnya

Sesuai dengan ajaran agama islam bahwa khitan adalah salah satu bagian dari syariat agama islam yang diwajibkan bagi kaum laki-laki bahkan dari sudut pandang agama bahwa khitan adalah untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sah-nya dalam melaksanakan ibadah.

Sedangkan dari pandangan medis, yang di jelaskan oleh para ahli kesehatan bahwa khitan mempunyai manfaat yang sangat penting bagi kesehatan, karena alat vital anak laki-laki merupakan tempat persembunyian kotoran, virus, bakteri dan lain sebagainya yang dapat membahayakan kesehatan anak.

“berdasarkan laporan panitia penyelenggara, bahwa pada tahun 2017 ini, kegiatan khitanan massal dilaksanakan pada 3 (TIGA) tempat, dengan jumlah peserta secara keseluruhan sebanyak 320 orang,” ungkapnya.

Agus juga berharap melalui kegiatan bhakti sosial khitanan massal ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, baik dari pandanggan agama islam maupun dari pandangan medis, dimana kegiatan tetsebut merupakan bentuk perhatian dari pemerintah daerah kepada masyarakat yang kurang mampu yang ada di kabupaten pesibar.

“saya berharap agar kegiatan bhakti sosial khitanan massal dapat membantu meringankan atau mengurangi beban bagi masyarakat dengan harapan akan menjadikan anak-anak yang berguna bagi agama bangsa dan negara,” Tutup agus.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua dan Anggota DPRD kabupaten Pesisir Barat,
Wakil Bupati Pesisir Barat, Sekdakab, Unsur Forkopimda, Para Tenaga Medis Pelaksana Tugas Bakti sosial Dan Para Kepala SKPD Se-Kabupaten Pesisir Barat.(Ds)


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *