Advertotial : Menag RI Resmikan Nama Islamic Center Tulangbawang Barat

0
404
Mentri Agama RI Drs. H, Lukman Hakim Saifuddin bersama Bupati Tulang Bawang Barat di saksikan Wakil Gubernur Lampung Bahtiar Basri. Saat penandatanganan prasasti peresmian nama Islamic Center “Masjid Baitus Shobur”. Pada acara syukuran budaya Islamic Center dan Sesat Agung, Selasa (11/10/2016).

Tulang Bawang Barat- Menteri Agama Repubelik Indonesia Drs. H, Lukman Hakim Saifuddin dan Wakil Gubernur Lampung menghadiri, Selamatan Budaya Islamic Center dan Balai Adat Tulangbawang Barat Lampung, Selasa (11/10/2016). Kegiatan yang di gelar di tiga tempat itu, yakni, Rumah Dinas Bupati, bundaran Tugu Naga Bersanding (Tugu Rato) dan komplek Islamic Center dan akan berlansung selama dua hari, 11-12 Oktober 2016.dsc_4579

Berbagai rangkaian dalam kegiatan tersebut, diantaranya, arak-arakat budaya dari tugu rato menuju lokasi Islamic Center dan Balai Adat. Pertunjukan seni budaya seperti, pencak silat, reok dan berbagai seni budaya yang ada di Tubaba juga turut memeriahkan sekaligus mengiringi perjalanan sang Bupati serta rombongan. Dalam menuju dua lokasi bangunan yang memiliki filosofi, “Lahir dikandung adat, mati dikandung amal dan iman”, Istilah Bupati Tubaba Umar Ahmad, yang dikutif LE-plus.com kala itu.

Mentri Agama Repubrlik Indonesia Drs. H, Lukman Hakim Saifuddin bersama Wakil Gubernur Lampung Bahtiar Basri dan Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad, Bupati Tulangbawang Hanan A Rozak, saat menyaksikan pentas seni budaya, pada acara syukuran pemberian nama Islamic Center dan sesat Agung, Selasa (11/10/2016).
Mentri Agama Repubrlik Indonesia Drs. H, Lukman Hakim Saifuddin bersama Wakil Gubernur Lampung Bahtiar Basri dan Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad, Bupati Tulangbawang Hanan A Rozak, saat menyaksikan pentas seni budaya, pada acara syukuran pemberian nama Islamic Center dan sesat Agung, Selasa (11/10/2016).

Kegiatan selamatan budaya dilakukan sebagai bentuk syukuran masyarakat Tulangbawang Barat, atas terwujudkan pembangunan tiga ikon kabupaten. Seperti Tugu Rato, Masjid Agung dan Balai Adat yang resmi di berinama,” Sesat Agung Bumi Gayo Ragem Say Mangi Wawai,” pada pukul 07:30 Wib, oleh beberapa tokoh adat. Yang merupakan hasil keputusan bersama.dsc_5021

Kedatangan rombongan sang bupati di sambut langsung oleh tokoh-tokoh adat marga empat secara adat. Dalam penyambutan, kedua belah pihak saling argument dengan membanggakan pihaknya masing-masing, baik pihak yang menerima maupun yang datang. Pada pelaksanaan ritual adat, ahirnya rombongan dipersilahkan memasuki lokasi Islamik Center. Stiba di area Islamic Centre, berbagai tradisi adat dilakukan, salah satunya penaburan bunga di sekeliling lokasi sambil menunggu kedatangan sang mentri.

Tepatnya pukul 11:30 akhirnya rombongan Mentri Agama RI Drs. H, Lukman Hakim Saifuddin, didampingi Wakil Gubernur Lampung Bahtiar Basri yang juga mantan bupati setempat, memasuki lokasi syukuran yang disambut langsung oleh Bupati Tubaba Umar Ahmad beserta jajaran Pemkab Tubaba.dsc_4907

Setelah berbagai rangkaian budaya seni di selenggarakan. Acara tersebut di lanjutkan dengan peninjauan lokasi Islamic Center oleh Mentri Agama Drs. H, Lukman Hakim Saifudin, yang didampingi Wakil Gubernur Lampung Bahtiar Basri, Bupati setempat Umar Ahmad dan rombongan.

Masjid 99 Cahaya Asmaul Husnah itu di berinama Baitus Shobur. Yang disahkan atau diresmikan dengan penandatanganan prasasti, oleh Mentri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad. Usai penandatanganan, dilanjutkan denan shalat ber-jemaah yang diimami langsung oleh Mentri Agama.dsc_4978

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan seperti, Bupati Tulang Bawang Hanan Rozak, Damdim 0412 LU, Kapolres Tuba Agus Wibowo, club motor dari berbagai kabupaten (Sahabat Umar Ahmad), sejumlah seniman nasional yang tergabung dalam studio hanafi dari Jakarta dan dewan kesenian setempat serta para tokoh yang tergabung dalam Federasi Marga Adat Megow Pak Tubaba. (ADV)