Advertorial: Bupati Lamteng Turun Kebawah Ajak Warga Ronda Malam Keliling Kampung

0
0

Lampung Tengah (Duta Lampung Online) – Bupati Lampung Tengah Mustafa, terus berupaya menjadikan daerahnya sebagai wilayah yang aman dengan perputaran ekonomi yang baik. Hal tersebut di buktikan dengan kegiatan ronda keliling yang dilakukan sendiri dan mengajak masyarakat untuk giat melakukan siskamling.

Pada saat melakukan ronda, pada Sabtu, 30/4/2016, Bupati sampai mengetuk pintu rumah sejumlah warga di Kampung Variaagung, Kecamatan Seputihmataram untuk mengajak ronda. Pasalnya, siskamling di kampung tersebut sudah tidak berjalan beberapa bulan belakangan ini.

Bupati Lampung Tengah berbincang dengan warga di Kampung Variaagung agar giat melakukan siskamling | Raeza/jejamo.com
Bupati Lampung Tengah berbincang dengan warga di Kampung Variaagung agar giat melakukan siskamling | Raeza/jejamo.com

Menurut Bupati Mustafa, peningkatan keamanan merupakan salah satu program utama Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah. Dengan mendorong hidupnya siskamling di seluruh kampung atau kelurahan se-Lampung Tengah, diharapkan keamanan di Kabupaten setempat terjaga dan perekonomian berjalan dengan baik.

“Saya akan terus berkeliling ke kampung-kampung tanpa pemberitahuan, untuk memastikan siskamling berjalan. Karena kalau aman, masyarakat bisa bekerja tenang, hidup nyaman,” kata Mustafa. Seperti di lansir jejama.com.

Selain aman, lanjut Bupati, melalui ronda ini masyarakat juga dapat bersilaturahmi, meningkat rasa kebersamaan, sehingga ikatan emosional terjaga dengan baik.

Kakam Variagung Wagimin, mengaku malu karena bupati melihat sendiri siskamling di Kampung Variaagung tak berjalan sebagaimana mestinya. Ia berjanji dalam waktu sepekan ke depan, siskamling di kampung tersebut mulai berjalan.

Kepala Dusun 5 Kampung Variaagung Marimin menyatakan hal yang sama. Bahkan ia lebih kaget karena salah satu rumah yang diketok oleh bupati adalah rumahnya.

“Saya malu bupati melihat langsung siskamling di sini tak berjalan, bahkan rumah saya juga diketuk oleh Pak Bupati Sendiri,” kata Marimin yang menyatakan siap mengajak warganya untuk kembali menghidupkan ronda.

Bupati Lampung Tengah menyisir kampung bersama Kapolsek Seputihmataram AKP Edy Qarinas | Raeza/jejamo.com
Bupati Lampung Tengah menyisir kampung bersama Kapolsek Seputihmataram AKP Edy Qarinas | Raeza/jejamo.com

Sementara Kapolsek Seputihmataram AKP Edy Qarinas, menyatakan Variaagung sudah lama ia perhatikan. Sebab beberapa kali ditegur untuk mengaktifkan ronda, tetapi belum juga terealisasi.

“Mudah-mudahan karena Pak Bupati sendiri yang datang, melihat dan langsung mengajak ronda, warga dan pamong di sana sadar pentingnya ronda,” kata Kapolsek.

Sebelum ke Variaagung dan mendapati pos ronda yang kosong, Bupati Mustafa menyempatkan mampir ke Polsek Seputihmataram. Di Polsek ini Bupati melihat ornamen-ornamen budaya Lampung terpasang dengan baik.

“Ada nilai-nilai positif yang terkandung dalam budaya, dengan memasang ornamen seperti ini, kita ikut melestarikan budaya,” kata Bupati memberikan apresiasi kepada Kapolsek Seputihmataram AKP Edy Qarinas.

Bupati Lampung Tengah mengetuk pintu rumah warga di Kampung Variaagung untuk giat siskamling | Raeza/jejamo.com
Bupati Lampung Tengah mengetuk pintu rumah warga di Kampung Variaagung untuk giat siskamling | Raeza/jejamo.com

Kondisi siskamling yang ada di Kampung Variaagung sangat beda dengan kondisi yang terjadi di Kampung Qurniamataram pasalnya Bupati juga sempat mampir ke pos ronda di Kampung Qurniamataram dan ngobrol dengan warga yang sedang ronda. Bupati memuji warga setempat yang secara rutin ronda menjaga daerah mereka.”Saya minta warga berpartisipasi aktif seperti ini. Jangan sampai siskamling mati,” kata Bupati.(*)