ABULYATAMA KAMPUS HIJAU BERSIH ALAMI UNTUK KEHIDUPAN DI MASA DEPAN YANG CERAH

0
42

Aceh, (Duta Lampung Online) – Dalam upaya peningkatan kesadaran civitas akademika abulyatama terhadap lingkungan kampus abulyatama, bertepatan pada tanggal 15-16 Juni, UKM PA-LH Pandayana menggelar kegiatan Green Campus Abulyatama (GCA) 2022 di Universitas Abulyatama, Lampoh Keude Aceh Besar

Green Campus Abulyatama 2022 ini mengusung dua kegiatan diantaranya seminar lingkungan hidup dan aksi pengutipan sampah

kegiatan Green Campus Abulyatama 2022 (GCA) ini adalah sebagai bentuk keprihatinan, perhatian dan inisiatif Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam dan Lingkungan Hidup Pandayana (UKM PA-LH Puandayana) terhadap lingkungan kampus Abulyatama ini sendiri,ucap Rizky Mulyana sidiq sebagai ketua panitia

Kegiatan pertama diawali dengan kegiatan seminar yang diselengarakan pada tanggal 15 Juni 2022 yang di isi oleh narasumber yang luar biasa antara lain ibu Shinta Agustin,ST MT sebagai Sub Koord. SEKSI PENGELOLAAN SAMPAH DAN LIMBAH B3 dari DLHK Provinsi Aceh serta ibu Ir. Rama Herawati, MP sebagai Penggiat Lingkungan Juga ketua Tim BSU Unsyiah.Seminar yang bersifat edukatif ini pun bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta meningkatkan kesadaran dan kepedulian bagi kalangan pelajar, mahasiswa/i terhadap lingkungan kampus sendiri khususnya meminimalisir sampah yang ada.

Selanjutnya Kegiatan pengutipan sampah yang dilaksanakan di lingkungan kampus Universitas Abulyatama, dengan melibatkan beberapa partisipan mahasiswa Abulyatama serta anggota aktif pandayana . kegiatan ini di selengarakan karena masih banyak sampah plastik yang masih berserakan di lingkungan kampus sehinga mengangu kenyamanan proses belajar mengajar.

“Maka dari itu kami kami dari UKM PA-LH Pandayana menyelengarakan kegiatan ini guna menciptakan lingkungan bersih dan nyaman juga menumbuh kan rasa solidaritas setiap elemen didalam menjaga lingkungan baik didalam kampus maupun diluar kampus Kegiatan ini dilakukan dengan mengumpulkan beberapa mahasiswa disuatu titik yang sudah ditentukan oleh panitia. Pengutipan diawali dengan pembagian beberapa kelompok pada titik-titik yang telah diarahkan oleh Rahmat Ijrah Husni (Korlap Pengutipan Sampah),” ujarnya.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan positif dari berbagai kalangan diantaranya dari peserta aksi pengutipan sampah dan dosen beserta karyawan universitas abulyatama Aceh
Muhtadin ST,MT Dekan Fakultas Teknik Unaya Aceh mengapresiasi kegiatan ini walau terdapat beberapa hambatan diantaranya pihak kampus yang terkadang kurang mensupport kegiatan mahasiswa, beliau mengatakan Jangan Kreatifitas mahasiswa harus jadi sampah dulu baru bermanfaat, Muhtadin yang juga sebagai pembimbing UKM PA-LH Pandayana yang juga sebagai senior pendiri pandayana.

Kegiatan ini di selenggarakan atas kerja sama dengan dewan perwakilan rakyat Aceh (DPRA), Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati (RSPUR), Balai Pengelolaan Daerah aliran Sungai dan Hutan Lindung (bpdashl), Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) dan universitas abulyatama Aceh. (Ahmad J)