7 Kepala Daerah Terpilih Dilantik Gubernur Arinal 26 Februari di Balai Keratun

0
8

Lampung, (Duta Lampung Online) – Tujuh kepala daerah terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Provinsi Lampung akan dilantik langsung Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi. Pelantikan akan digelar di Balai Keratun, Pemprov Lampung, pada Jumat, 26 Februari 2021, sekitar pukul 09.00 WIB.

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto mengatakan pihaknya sudah melakukan rapat dengan pihak Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Ditjen Otda) Kementerian Dalam Negeri terkait pelantikan secara langsung tersebut.

“Tadi kita rapat dengan Ditjen Otda. Kita sampaikan juga bahwa pak gubernur sudah bersurat kepada menteri bahwa pelantikan bisa dilaksanakan secara langsung,” kata Fahrizal, di Kompleks Pemprov Lampung, Rabu (24/2/2021).

Menurut Fahrizal pengajuan permohonan pelantikan untuk digelar secara langsung itu setelah mendengar aspirasi dari kabupaten/kota.

“Aspirasi kabupaten/kota pelantikan secara langsung. Pak gubernur juga akan memberikan pengarahan langsung sehingga bersurat kepada menteri untuk diizinkan dan sudah diperkenankan,” kata Fahrizal.

“Jadi, di Lampung nanti hari Jumat akan dilantik oleh Pak Gubernur secara langsung dan besok gladi. Pelantikan di Balai Keratun,” lanjut Fahrizal.

Fahrizal menegaskan penerapan protokol kesehatan akan dilakukan secara ketat pada prosesi pelantikan tujuh kepala daerah terpilih tersebut.

“Protokol kesehatan harga mati. Kita dapat izin itu karena kita bisa meyakinkan pusat bahwa kita sanggup penerapan protokol kesehatan tersebut,” kata dia.

Menurut Fahrizal pada peserta yang hadir pada pelantikan tersebut juga akan dibatasi. “Pertama peserta dibatasi. Yang boleh hadir disitu adalah bupati/walikota, dan wakil bupati/wakil wali kota didampingi istri/suami,” jelasnya.

Fahrizal mengungkapkan dari informasi yang diperoleh, ada tujuh kepala daerah terpilih yang akan dilantik, kecuali kabupaten Pesisir Barat.

“Tujuh (kepala daerah dilantik) karena Pesisir Barat kan masih berproses di MK. Menurut keterangan tadi tujuh (kepala daerah terpilih). Tapi kita kan masih tunggu SK-nya dulu,” ujarnya.

Berikut tujuh kepala daerah terpilih hasil Pilkada 2020 yang akan dilantik:

– Dawam Rahardjo-Azwar Hadi (Bupati/Wakil Bupati Lampung Timur)

– Eva Dwiana- Deddy Amarullah (Wali Kota/Wakil Wali Kota Bandar Lampung)

– Dendi Ramadhona-Marzuki (Bupati/Wakil Bupati Pesawaran)

– Nanang Ermanto-Pandu Kesuma (Bupati/Wakil Bupati Lampung Selatan)

– Musa Ahmad-Ardito Wijaya (Bupati/Wakil Bupati Lampung Tengah)

– Raden Adipati Surya-Ali Rahman (Bupati/Wakil Bupati Way Kanan)

– Wahdi Sirajuddin-Qomaru Zaman (Wali Kota/Wakil Wali Kota Metro)