7 Bidadari Turun Meriahkan Sedekah Bumi Kudur

0
14

Pati, (Duta Lampung Online)- Masyarakat Desa Kudur Tumpah Ruah di Punden dan Jalan Desa dalam rangka memeriahkan Acara bersih Desa. Semua itu dilakukan karena rasa bersyukur para petani di Desa telah berlimpah ruah hasil bumi semenjak covid-19 sirna di wilayah Pati Selatan ini, Minggu, (5/6/2022).

Dua tahun Sudah masyarakat Kudur menanti acara ini. Dan baru pada tanggal 4 juni 2022, kirab budaya di Desa Kudur kembali digelar serta dimeriahkan wayang kulit, hiburan organ tunggal dan pembagian doorprize serta dilanjut arak- arak gunungan dari hasil bumi.

Ada sekitar 1000 warga masyarakat Kufur yang ikut memeriahkan acara bersih desa atau disebut sedekah bumi. Kemudian sebelum acara dimulai semua warga masyarakat 3 dukuh berkumpul di balai Desa Kudur untuk Persiapan keliling Dukuh.

Dalam acara ini, ada tujuh bidadari desa turun langsung memeriahkan bersih desa dan juga sebagai bunga desa yang paling cantik di acara tersebut, untuk para pejalan kaki melihat bunga desa turun sangat diapresiasi berbagai kalangan terutama dari lampung dan kalimantan sampai mau hadir di kirab budaya di Desa Kudur.

Kades Kudur, Wardoyo saat diwawancarai media di lokasi karavan berkata bahwa kegiatan keramain ini terutama acara kirab budaya atau bersih desa memang selalu digelar setiap satu tahun sekali, namun dua tahun terakhir tertunda, sehingga dapat dimeriahkan saat ini.

Paling menonjol di kalangan masyarakat sekitar adalah menghormati adat istiadat desa seperti menggelar wayang kulit pasti diutamakan, karena sudah termasuk tradisi nenek moyang Desa Kudur sampai turun temurun.

Wardoyo menambahkan, “Untuk warga Kudur agar selalu tetap kompak dan guyub rukun bersama dan tetap mempertahankan dan mengembangkan nilai nilai tradisional, seperti Sedekah Bumi yang merupakan salah satu bukti bahwa masyarakat masih memegang adat karuhun yaitu selalu mengungkapkan rasa syukur sebagai pemberdayaan masyarakat dengan kearifan lokal,” pungkas Kades Kudur. (Sholihul)