Pembukaan Komcad Pelatihan Dasar Militer Bupati Gowa, Peserta dari Gowa 47 Orang

0
57

Gowa, (Duta Lampung Online) – Salah satu pasukan cadangan militer atau sebuah organisasi militer Komponen cadangan Komcad merupakan salah satu sistem pertahanan yang berasal dari seluruh komponen masyarakat Indonesia, yang secara sukarela bergabung, Pembukaan Pelatihan Dasar Kemiliteran Komponen Cadangan (Komcad) Pertahanan Negara di Rindam XIV Hasanuddin Pakatto.Senin (30/5/2022).

Bupati Gowa DR. Adnan Purichta Ichsan, YL SH., MH mengungkapkan saat mengikuti pembukaan Latihan dasar militer Komcad 2022 yang dilaksanakan di Lapangan Sapta Marga Rindam XIV/Hasanuddin, dari 500 peserta, dari perwakilan Kabupaten Gowa ada 47 orang yang mengikuti Pelatihan ini selama 3 bulan, Latihan dasar militer Komcad 2022 ini dilaksanakan di Lapangan Sapta Marga Rindam XIV/Hasanuddin, Kecamatan Bontomarannu. Komcad ini merupakan terobosan baru Pemerintah dengan merekrut masyarakat dalam menciptakan pasukan baru untuk mengantisipasi kemungkinan buruk terjadi, yang dapat mengganggu kedaulatan Negara. Ungkap adnan saat mengikuti pembukaan

Latihan dasar militer Komcad 2022 yang dilaksanakan di Lapangan Sapta Marga Rindam XIV/Hasanuddin, Kecamatan Bontomarannu kabupaten Gowa, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad, S.H., M.H. saat memimpin upacara pembukaan pelatihan dasar kemiliteran (Diklatsarmil).

Pembukaan Latsarmil Komponen Cadangan ini akan menjadi penanda dimulainya pelatihan serta pemberian materi tentang dasar-dasar kemiliteran, para peserta latsarmil komponen Cadangan,”Kalian harus bangga karena menjadi seorang Komponen Cadangan tidaklah mudah,” ucapnya.

“Kalian adalah orang-orang terpilih yang telah seleksi. Untuk itu, ikuti dan serap dengan sebaik-baiknya materi.Salah satu wujud upaya bela negara yang telah di lakukan, mengingat bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Pertahanan saja akan tetapi menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa yang harus dipersiapkan sejak dini sehingga pada saat diperlukan mampu memperbesar dan memperkuat komponen utama dan dalam prosesnya harus didasarkan pada kebutuhan dan kemampuan kekuatan pertahanan negara Indonesia,” tegas Mayjen TNI Andi Muhammad.

Selain itu Dandim 1409 Gowa Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo mengungkap bahwa Perekrutan Komcad ini merupakan program Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan dibuka di seluruh komando distrik militer di seluruh wilayah Indonesia.
Khusus untuk Kodam XIV Hasanuddin dijatah 500 kuota Komcad. Salah satu wilayah teritorial yang diberi kuota personel Komcad adalah Kodim 1409 Gowa.

Dalam pembukaan pelatihan dasar kemiliteran (Diklatsarmil) Komcad TA 2022 di Lapangan Sapta Marga Rindam XIV/Hasanuddin Jl. Poros Malino Pakatto Kabupaten Gowa

“Komcad ini hanya akan digerakkan jika kondisi negara darurat lantaran komponen utama sudah kewalahan dan membutuhkan bantuan.
menghadapi segala bentuk ancaman. Komcad hanya akan digerakkan jika kita kekurangan. Itupun digerakkan atas persetujuan presiden,” tuturnya.

Hadir pada acara ini yakni Dir Sumdahan Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Fahrid Amran, S.H., Danrindam, Para Asisten, Kaajendam, Kajasdam, Kapaldam, Kapendam, Kakesdam, Kabekangdam dan unsur Forkopimda Sulselrabar dan para Rektor Universitas Wilayah Sulselrabar. (Heriyanto)