TKI Asal Lampung Timur Meninggal Di Arab Saudi

0
276

Bandar Lampung – Duta Lampung Oline (DLO) – Tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Lampung Timur, Istiqomah (28) meninggal dunia di Arab Saudi, setelah sakit akibat terjatuh di kamar mandi. Sebelum meninggal korban mengalami lumpuh.

Rebeka Umi Kalsum, keluarga korban mengatakan, pihaknya pada 29 April 2016 lalu menerima kabar, bahwa Istiqomah terjatuh dari kamar mandi majikannya hingga menyebabkan kelumpuhan. Menurut keterangan rekannya yang di Arab Saudi, Istiqomah hanya mampu berbicara terbata-bata.

“Kemudian tanggal 13/5/2016 kakak saya rencananya mau dipulangkan tetapi batal diberangkatkan karena saat itu kondisinya kritis,” katanya seperti dikutip Kompas.

Istiqomah pun kembali dirawat di rumah sakit setempat untuk pemulihan kesehatannya. Namun sayang, nyawa Istiqomah tak tertolong dan dia meninggal pada malam harinya. “Kami sendiri masih sangsi dengan penyebab kematiannya, karena belum ada informasi yang jelas tentang kondisi kesehatannya,” ujar Rebeka.

Menurutnya sekitar sebulan dari insiden jatuh di kamar mandi, kondisi tubuh Istiqomah menjadi kurus dan memprihatinkan. “Kami mengharapkan jenazah kakak kami segera dipulangkan biarkan dia dimakamkan di sini apapun kondisinya,” tuturnya.

Namun langkah keluarga untuk memulangkan Istiqomah tampaknya tak langsung dapat diwujudkan, pasalanya Istiqomah tidak memiliki dokumen lengkap. Rebeka menyebutkan, keterangan dari kedutaan besar RI di Arab Saudi anggota keluarganya itu baru bisa dipulangkan setahun ke depan.

“Katanya kakak saya TKI over stay dan membutuhkan waktu lama untuk mengurus dokumen pemulangan jenazah ke tanah air,” kata dia.

Lebih lanjut Rebeka mengatakan, kalaupun mau dikembalikan ke tanah air, menurut KBRI di Arab Saudi mengatakan pihak keluarga harus mengeluarkan biaya puluhan juta.

Istiqomah sebelumnya berangkat ke Arab Saudi pada tahun 2008 sebagai TKI. “Kami sekeluarga sempat kehilangan kontak dengan mbak Istiqomah,” kata Rebeka.

Rebeka menambahkan, pada tahun 2012 Istiqomah lari dari majikannya karena ingin dinikahkan. Istiqomah sebelumnya menceritakan pindah bekerja dengan majikan yang baik. Dia meninggal di rumah majikannya yang disebut-sebut baik tersebut, (duajurai.com).