Inilah 13 Manfaat Tidur Tanpa Pakaian, Bikin Awet Muda Hingga Menjaga Berat Badan

0
1429

(Duta Lampung Online) Kesehatan – Tidur merupakan hal wajib yang dilakukan setiap orang setiap harinya.

Ternyata, untuk memiliki kualitas tidur yang baik, caranya yakni dengan bertelanjang tanpa pakaian sehelai pun.

Dikutip dari berbagai sumber, TribunnewsBogor.com berhasil mengumpulkan 13 manfaat tidur telanjang bagi pria dan wanita.

1. Membuat tidur lebih nyenyak

Dengan melepas seluruh baju ketika tidur, suhu tubuh menjadi lebih dingin sehingga tidak menyebabkan gerah.

Para ahli mengatakan jika untuk jatuh tertidur, suhu tubuh harus turun setengah derajat, caranya dengan melepas pakaian Anda.

Padahal suhu tubuh berada di puncaknya antara pukul 23.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB, makanya sebagian orang jadi sulit tertidur pulas karena hal ini.

Russel Foster, professor dari Universitas Oxford pun juga mengatakan, temperatur tubuh akan lebih mudah untuk meningkat dan membuat tidur jadi kurang pulas.

Hal tersebut mungkin tidak akan membangunkan Anda dari tidur, namun istirahat jadi kurang berkualitas, padahal tidur berkualitas adalah kunci dari ingatan yang baik dan hormon pertumbuhan yang produktif.

2. Menjaga berat badan

Dalam journal Diabetes, sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan jika tidur dalam keadaan dingin akan mengaktifkan lemak coklat.

Lemak coklat adalah jaringan lemak yang dapat menghasilkan panas, sehingga orang yang memutuskan untuk membuka bajunya juga bisa merasa lebih hangat karena lemak cokelatnya aktif.

Menurut Michael Symonds dari Universitas Nottingham, lemak cokelat bisa menghasilkan 300 kali panas dari organ tubuh yang lain.

“Jadi hal yang bisa dilakukan untuk mengaktifkannya adalah dengan menjaga temperatur kamar rendah dan tidur tanpa busana,” jelasnya.

3. Menghilangkan rasa sakit

Tidur tanpa pakaian sama sekali, ternyata memiliki efek yang sangat baik untuk menghilangkan ketegangan dalam sistem saraf visera abdomen.

Tidak memakai celana dalam ketika tidur bagi pria juga mampu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi resiko penyakit diare kronis, sakit punggung serta sembelit.

Jika anda penderita insomnia atau kelainan yang menyebabkan Anda sulit tidur, maka tidur tanpa pakaian dalam atau telanjang juga mampu membantu memberikan efek menenangkan.

4. Menjaga pelepasan hormon

Menjaga Pelepasan Hormon, terutama hormon oksitosin, juga merupakan manfaat tidur tanpa pakain.

Hormon oksitosin dilepaskan ketika terjadi kontak kulit dengan kulit, saat kulit saling bersentuhan dari kepala hingga kaki sepanjang malam, Anda akan mendapatkan arus hormon yang bermanfaat.

Itulah kenapa ketika bercinta kita diharuskan untuk tidur tanpa pakaian dalam sedikitpun atau telanjang.

Beberapa manfaat hormon oksitosin antara lain, meningkatkan rasa sejahtera, menurunkan detak jantung, mengurangi hormon stres, meningkatkan rasa percaya, dan tentunya, dorongan seksual.

5. Membuat lebih percaya diri

Tidur tanpa pakaian dalam atau telanjang ternyata bisa membuat wanita akan tampil lebih percaya diri.

Sensasi yang dirasakan saat tubuh bergesekan dengan sprey dan kesejukan udara, mampu membuat wanita merasa semakin seksi.

Dan perasaan seksi inilah yang nantinya dapat meningkatkan rasa percaya diri si wanita.

6. Menyehatkan organ reproduksi

Manfaat tidur tanpa pakaian yang selanjutnya, yakni mampu menyehatkan organ reproduksi pria.

Alat reproduksi pria berada di luar tubuh, sehingga dipengaruhi oleh keadaan di sekitar dan pakaian yang digunakannya.

Seorang pria yang menggunakan pakaian terutama yang terlalu ketat saat tidur, bisa membuat suhu di sekitar alat kelaminnya menjadi meningkat dan tentunya akan memengaruhi kualitas sperma yang dihasilkan.

Dengan tidur tanpa pakaian dalam maka udara yang sejuk mampu menetralisir suhu penis yang meningkat itu tadi, sehingga suhunya kembali stabil.

7. Hubungan seks lebih baik

Dengan berbagai tekanan aktivitas setiap hari, mampu menimbulkan stress sehingga suasana hati tidak nyaman untuk bercinta.

Nah, tidur tanpa pakaian dalam dapat membangkitkan gairah dan perasaan seksual Anda dan pasangan.

Pasangan yang melihatnya pun akan merasa lebih erotis, dan membangkitkan pula hasrat bercinta mereka.

Sebuah survei yang dilakukan pada 1.000 orang dewasa di Inggris menyebutkan, jika orang-orang yang tidur telanjang memiliki kehidupan percintaan yang lebih menyenangkan.

Sebanyak 57% dari mereka yang tidur tanpa pakaian terbukti lebih bahagia, dibanding 43% yang orang yang tidur dengan piyama atau pakaian tidur lainnya.

Terapis seks Denise Knowles pun menjelaskan jika tidur telanjang bisa menjadi solusi bagi mereka yang kurang percaya diri dengan bentuk tubuh dan meningkatkan intensitas hubungan seks.

8. Menciptakan hasrat

Alasan utama seorang perempuan tidak ingin berhubungan seks adalah ketimpangan dalam relasinya dengan pasangan.

Ketika Anda merasa terpisah dari pasangan, Anda mungkin juga kehilangan hasrat untuknya.

Nah, tidur telanjang bisa membantu mengatasi hambatan tersebut.

9. Terlihat erotis

Pria mana pun tak akan tahan melihat sang istri meringkuk di sisinya tanpa busana.

Hal itu menjadi semacam undangan untuknya guna berhubungan seksual.

10. Menghilangkan stress

Tidur dalam keadaan telanjang juga, terbukti dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks, saat pikiran
lebih jernih tentunya akan berdampak baik untuk mengurangi dan menghilangkan stress.

11. Membuat awet muda

Bagi Anda yang tidak ingin mengalami penuaan dini, anda bisa mempraktekan kebiasaan yang satu ini yakni dengan tidur tanpa memakai satu helai benangpun.

Dengan dilepaskannya suhu panas dari tubuh yang lebih mudah, tidur menjadi lebih nyenyak.

Sedangkan saat tidur, tubuh memproduksi hormon melatoni serta hormon-hormon pertumbuhan lainnya.

Sehingga, pada orang yang tidur lebih nyenyak, lebih banyak pula hormon pertumbuhan serta hormon melatonin yang diproduksi.

Dan hal tersebut, menurut sebuah jurnal ilmiah berjudul ‘sleep’ atau ‘tidur’, bisa membantu dalam pencegahan terjadinya proses penuaan.

12. Membantu mencegah diabetes tipe 2

Sebuah penelitian menunjukan jika seseorang yang tidur tanpa busana, yang berarti suhu tubuh lebih rendah, sangat erat kaitannya dengan terjadinya peningkatan sistem metabolisme tubuh, mengurangi kadar gula darah, dan mencegah penyakit diabetes tipe 2.

Para ilmuan juga menemukan, mereka yang tidur tanpa busana dan mengalami penurunan suhu tubuh, lemak jahat di dalam tubuhnya mengilang dalam beberapa minggu sehingga meningkatkan pula kesehatan tubuh, khususnya sistem metabolisme tubuh.

13. Mencegah aliran darah di dalam tubuh

Tanpa adanya baju-baju yang membelit, menekan, bergesekan dengan tubuh, aliran darah akan menjadi lebih lancar.

Ini artinya menjadikan tekanan darah menjadi lebih sehat pula sehingga akan juga membantu menurunkan resiko berbagai penyakit yang berhubungan dengan darah seperti penyakit jantung, otot maupun penyakit lainnya.(Tbc).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here