Pemprov Pantau Penyerapan APBD Bandarlampung

0
89

Bandar lampung(DLO)-  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akan melakukan supervisi realisasipenyerapan APBD di 15 kabupaten dan kota, di Provinsi Lampung. Supervisi akan dimulai dariPemerintah Kota Bandarlampung, dan dijadwalkan pekan depan.

“Serapan anggaran serta realisasi APBD di kabupaten kota menjadi perhatian dari Gubernur Lampung,” kataSekertaris Daerah Provinsi Sutono pada Selasa (9/5)
Sutono, yang juga Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah Provinsi Lampung itu, mengatakan sesuai amanat UU 23 Tahun 2014, Pemprov berperan dalam supervisi terhadap pelaksanaan keuangan kabupaten kota
dibawahnya.
Yang terdekat, kata Sutono, Inspektorat Provinsi Lampung akan mengevaluasi pelaksanaan APBD KotaBandarlampung pada pekan depan. Sutono beralasan Pemkot Bandarlampung merupakan Pemda dengan jarakterdekat dari Pemprov sehingga menjadi yang pertama dievaluasi.
Sutono juga menyoroti pinjaman Pemkot Bandarlampung sekitar Rp250 miliar dari PT SMI. Menurutnya, langkahpemkot terkesan ganjil, lantaran Pemprov belum menerima draft Peraturan Walikota (Perwali) yang menyertakanrincian pinjaman tersebut.
Sutono mengatakan jika mengacu pada pembatalan APBD Kota Bandarlampung Tahun 2017 oleh KementerianDalam Negeri, Wali kota Bandarlampung tidak dapat melakukan proses peminjaman kepada lembagakeuangan.
“Bagi kami itu menjadi pertanyaan tersendiri, karena menurut Pemprov struktur APBD Kota Bandarlampung tidaksehat. Ke depan, kami akan mengevaluasinya kembali dalam APBD Perubahan,” katanya.(*)