Komisi IX DPR RI Lakukan Pengawasan Upaya Kesehatan Dampak Tsunami

0
7

Bandarlampung ( Duta Lampung Online)- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Komisi IX, Jalaluddin Akbar menyambangi Provinsi Lampung dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik untuk Pengawasan Upaya Kesehatan dalam Penanganan Dampak Bencana Tsunami Selat Sunda, di Auditorium Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Rabu (6/2).

Dalam sambutannya, Jalaluddin menyampaikan, pada prinsipnya tujuan awal dari kehadiran rombongannya ke Lampung adalah untuk mendapatkan informasi terkait penanganan dampak bencana tsunami di Lampung.

“Nanti berdasarkan informasi inilah, kami akan melakukan perencanaan, agar kedepan kita semakin siap jika terjadi bencana,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan, Indonesia yang terdiri dari begitu banyak gunung merapi aktif, telah menjadi salah satu negara dengan tingkat kerawanan gempa bumi tertinggi, oleh sebab itu perencanaan penanganan bencana harus dipersiapkan sebaik mungkin.

“Kami berharap saudara-saudara yang hadir pada pertemuan kali ini bisa memberikan data serta penanganan apa saja yang tengah dan akan dilakukan terkait penanganan bencana ini,” ujarnya.

Selain itu, Anggota DPR RI Komisi IX ini mengatakan, untuk menghadapi bencana semacam tsunami selat sunda, tidak cukup hanya dengan mengandalkan pemerintah semata, tetapi masyarakat juga harus diberikan edukasi terkait mitigasi bencana.

“Ya saya mendengar ada wacana pembelajaran mitigasi bencana di sekolah. Bagusnya itu dilaksanakan di SMA/SMK sederajat, karena para siswa ini sudah punya kekuatan dan siap segera untuk berada di masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Taufik Hidayat mengatakan, Pemprov Lampung terus melakukan kerjasama dengan berbagai pihak khususnya pemerintah pusat dalam memberikan bantuan kepada korban tsunami di Lampung Selatan.

Taufik mengatakan, musibah yang terjadi beberapa waktu yang lalu meninggalkan bekas luka yang mendalam bagi korban, masyarakat Indonesia pada umumnya.

“Saya berharap, agenda kunjungan DPR RI kali ini bisa sukses dan memberikan dampak yang baik terhadap pembangunan Lampung khusus ya, pasca diterjang musibah Tsunami,” pungkasnya. (Rita)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY