15 SMP Terbaik Indonesia Versi Kemendikbud, SMPN 1 Bandarlampung Salah Satunya

0
4104
SMP NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

Dutalampung Online-Setiap orang pasti ingin masuk sekolah yang terbaik di daerahnya. Tak heran bila banyak lembaga bimbingan belajar mati-matian berlomba untuk memberikan fasilitas pelajaran tambahan agar kita bisa masuk sekolah favorit dan terbaik di kota.

Berdasarkan data Kemendikbud tahun 2015, ada ratusan SMP terbaik se-Indonesia. Dan inilah 15 di antaranya.

Catatan: Kemendikbud tak pernah mengeluarkan daftar SMP terbaik berdasarkan peringkat. Dutalampung Online hanya menyebutkan 15 di antaranya.

  1. SMPN 1 Kota Jambi

SMP Negeri 1 Kota Jambi merupakan sekolah yang penuh dengan prestasi. Sekolah ini juga merupakan salah satu sekolah teladan. Namun siapa menyangka, ternyata sekolah ini merupakan sekolah di jajaran SMP yang tertua di Provinsi Jambi.

jambi

Sekolah ini didirikan pada zaman penjajah Belanda dengan nama HIS (Holland Indishe School) pada tahun 1933. Di zaman Belanda, SMPN 1 adalah sekolah bagi anak-anak pejabat pribumi.

Setelah bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, sekolah yang didirikan Belanda tersebut dijadikan SMPN 1 Kota Jambi oleh pemerintah Indonesia. Sejak berdirinya hingga tahun 1971, SMP Negeri 1 Kota Jambi ini telah dipimpin oleh beberapa orang Kepala Sekolah.

2. SMPN 1 Bandarlampung

lampungSMP Negeri (SMPN) 1 Bandar Lampung, merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri yang ada di Provinsi Lampung, Indonesia. Sama dengan SMP pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMPN 1 Bandar Lampung ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas VII sampai Kelas IX. Tentu juga SMP Negeri 1 Bandar Lampung memiliki moto “Taqwa, Cerdas, Terampil dan Kompetitif Global”.

3. SMPN Kristen Penabur Gading Serpong

serpongSMPK BPK Penabur Gading Serpong adalah sekolah SMP Swasta yang terletak di Provinsi Banten, Tangerang.

4. SMPK 4 BPK Penabur

penaburSMP Kristen 4 BPK Penabur adalah sekolah SMP Swasta yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung. Sekolah ini menggunakan Agama Kristen sebagai pegangan utama pendidikan agamanya.

 

 6. SMP NEGERI 139 JAKARTA

139 jakartaSMP Negeri (SSN) 139 Jakarta atau lebih dikenal dengan sebutan Tugalan (singkatan dari satu tiga sembilan), merupakan sebuah Sekolah Menengah Pertama Negeri yang terletak di Jl. Bunga Rampai X, Duren Sawit, Jakarta Timur, Indonesia.

Sekolah Menengah Pertama Negeri 139 Jakarta memiliki kod NPSN 20103517. Pada 2014, SMP Negeri 139 Jakarta memiliki jumlah keseluruhan murid sebanyak 833 orang. Sekolah ini mempunyai 56 orang guru. Dan sampai tahun pelajaran 2010-2015 telah meluluskan sebanyak 35 angkatan.

7.SMP Pangudi Luhur Laut Surakarta

bintang lautSMP Pangudi Luhur Bintang Laut Surakarta berdiri sejak 1 Agustus 1958, yang berlokasi di Jalan Pasar Kliwon nomor 174 Surakarta (sekarang dipakai SD Kanisius Keprabon I Surakarta). Pada awal berdirinya hanya mempunyai empat orang guru, yaitu Br. Octavius Steuns, FIC sebagai kepala sekolah yang pertama, Br. Edelwaldus, FIC, Bapak Y. Sarwono, dan Bapak YB. Suwarso. Pesuruh sekolah masih meminjam dari Kanisius yang bernama Pak Min. Sekolah ini di bawah naungan yayasan Pangudi Luhur yang berpusat di Jalan dr. Sutomo nomor 4 Semarang yang dikelola oleh para Bruder FIC.

8. SMPN 1 Delanggu Jawa Tengah

delangguSMP Negeri 1 Delanggu yang terletak di Klaten, Jawa Tengah adalah Sekolah yang memiliki visi yang jauh ke depan. SMP Negeri 1 Delanggu selalu peduli dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kini SMP Negeri 1 Delanggu telah mengadopsi sebuah Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Berbasis Website. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan berbasis Website adalah sebuah sistem yang diciptakan dengan memanfaatkan teknologi informasi, perangkat serta jaringan komputer baik yang bersifat lokal maupun internasional.

9. SMPN 2 Klaten

klatenSMP ini memiliki visi “Unggul dalam Prestasi”. Selain itu “Mampu Bersaing di Era Global dan Terpuji dalam Budi Pekerti”.

 

10. SMPN 5 Yogyakarta

yokyakartaSMP ini memiliki visi “Mengukir Prestasi Tinggi, Piawai Mengasah Budi Pekerti”.

 

 

11. SMPN 1 Wonosari

wonosariSekitar tahun 1946, Lembaga pendidikan yang ada didaerah Gunungkidul baru sampai tingkat Sekolah Rakyat 6 tahun. Sedang hasrat dan minat masyarakat untuk mencapai pendidikan yang lebih tinggi semakin meningkat, baik kwantitas maupun keinginanya.

Pada waktu itu para lulusan Sekolah Rakyat 6 tahun yang akan melanjutkan sekolah lebih tinggi terpaksa harus pergi keluar daerah Gunungkidul. Hal ini yang dapat dijangkau oleh golongan tertentu saja. Kemudian timbul usaha masyarakat melalui pimpinan masyarakat baik formal maupun non formal untuk mendirikan SMP.

12. SMPN 22 Surabaya

surabayaSMP Negeri (SMPN) 22 Surabaya, merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri yang ada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Berada di sebelah timur Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. Sama dengan SMP pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMPN 22 Surabaya ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas VII sampai Kelas IX

13. SMPN 1 Malang

malangSMP Negeri 1 Malang merupakan satu dari beberapa sekolah lama di Malang letaknya yang tersembunyi namun terjangkau untuk akses kendaraan dan dikelilingi komplek pemukiman, membuat sekolah ini menjadi salah satu sekolah favorit di Kota Malang. Gedung sekolah ini didirikan pada zaman penjajahan Belanda yaitu sekitar tahun 1927 dan diperuntukan bagi anak – anak belanda yang tinggal disekitar jalan Ijen, jalan Merapi, jalan Semeru dan Jalan Buring, yang dinamakan sekolah ELS (Europese Lager School) atau Sekolah Belanda 7 tahun dan termasuk juga Freubel School (TK).

14. SMPN 1 Jombang

jombangSMP Negeri 1 Jombang telah mengembangkan pembelajaran dengan media berbasis teknologi informatika, internet, dan untuk membuka akses dengan masyarakat luar, telah dibuka layanan website maupun blog. Tujuanya, selain memberikan informasi, juga ingin menyerap bergagai masukan positif dari stakeholders demi kemajuan SMP Negeri 1 Jombang.

15. SMPN 1 Selong

selongSMP ini memiliki visi yaitu “Relijius, berbudaya, cerdas terampil, dan berwawasan lingkungan”.

Nah, apakah SMP-mu masuk daftar di atas?

 

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY